Begini Cara yang Tepat Mencukur Bulu Ketiak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara tepat cukur bulu ketiak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Keinginan mengenakan baju tanpa lengan mungkin terhambat lantaran mendapati bulu-bulu halus tumbuh di ketiak anda. Seketika anda merasa minder dan kurang percaya diri, karena khawatir akan menjadi pusat perhatian orang lain.

Metode paling jitu untuk menghilangkan bulu pada ketiak adalah dengan waxing. Hanya saja cara tersebut terkadang membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit ketimbang mencukur bulu ketiak sendiri di rumah. Dilansir dari laman hellosehat, berikut ini langkah yang perlu anda perhatikan dalam mencukur bulu ketiak agar terhindar dari iritasi kulit.

Memilih pisau cukur yang tepat

Pemilihan pisau cukur yang cocok dengan kulit dan ketiak anda bisa memberikan dampak yang lebih positif. Sebaiknya, belilah alat cukur yang tajam, tetapi bukan untuk sekali pakai. Biasanya, pisau cukur sekali pakai hanya memiliki 1-2 lapisan pisau dan tidak menyediakan gel. Hal tersebut dapat membuat Anda menekan ketiak hingga kulit bisa terkelupas.

Membuat jadwal bercukur

Apabila Anda bercukur dalam keadaan terburu-buru, hal ini berisiko menyebabkan iritasi pada kulit. Para pakar dermatologi menganjurkan untuk mencukur bulu ketiak pada malam hari. Ini karena di malam hari, kulit anda akan mengalami proses penyembuhan luka yang mungkin ditimbulkan oleh pisau cukur. Usahakan mencukur sebelum saat anda sedang mandi. Cara ini bisa membuat kulit Anda terhidrasi dengan baik.

Eksfoliasi terlebih dahulu

Sebelum mencukur, upayakan untuk melakukan eksfoliasi kulit terlebih dahulu. Cara ini penting dilakukan untuk menghilangkan bakteri, debu, dan keringat yang ada pada ketiak sebelum mulai mencukur.

Anda bisa menggunakan sabut mandi atau scrub alami untuk menggosok ketiak Anda. Ingat, jangan terlalu kencang karena berisiko membuat kulit Anda membengkak dan iritasi.

Membasahi dan membersihkan kulit

Basahi kulit ketiak dengan air hangat dan sabun sebelum mencukur dimulai. Air hangat akan membuat kulit lebih rileks dan lembut sekaligus membuka pori-pori. Dengan begitu, kulit dapat menghadapi gesekan alat cukur dengan lebih baik.

Gunakan sabun mandi berbahan lembut, terutama jika Anda memiliki ketiak yang sangat sensitif. Sabun akan membersihkan minyak, sel kulit mati, serta kotoran yang dapat menyumbat pori-pori dan mengakibatkan infeksi.

Menggunakan shaving cream atau shaving gel

Pelembab seperti shaving cream dan shaving gel sangatlah penting digunakan, karena kulit ketiak yang bersifat sangat sensitif. Hal ini dilakukan agar kulit ketiak tidak kering dan lembap ketika dicukur.

Kedua pelembab tersebut juga membantu mengurangi tekanan ketika mencukur bulu sehingga iritasi kulit bisa dicegah. Oleskan krim atau gel ke arah atas agar helai-helai rambut menjauh dari kulit. Cara ini akan membuat hasil cukur lebih bersih karena pisau cukur bisa menjangkau pangkal rambut.

Mengarahkan pisau cukur dengan tepat

Bulu pada ketiak kita tumbuh ke berbagai arah, tidak seperti bulu kaki. Saat mencukur rambut ketiak, sebaiknya ikuti arah tumbuhnya rambut untuk mencegah luka dan razor burn. Hindari menekan pisau cukur terlalu keras, tetapi jangan pula terlalu lembut. Sentuhan yang pas adalah saat Anda bisa merasakan pisau memotong rambut dan tidak melukai kulit. Berikut adalah cara cukur bulu ketiak agar tidak menimbulkan iritasi:

  • Angkat lengan Anda.
  • Tempelkan pisau cukur pada bagian ketiak.
  • Cukurlah bulu ketiak Anda ke segala arah, mulai dari atas, bawah, kanan, dan kiri.
  • Lakukan proses mencukur dengan gerakan perlahan dan pendek-pendek.
  • Hindari menekan pisau cukur terlalu keras.

Setelah proses mencukur selesai, bilas dengan air bersih. Jangan lupa membersihkan alat mencukur bulu ketiak dengan cara yang benar. Usahakan untuk menyeka ketiak Anda dengan handuk seusai dibilas.

Gunakan deodoran atau antiperspiran

Setelah selesai merapikan bulu-bulu ketiak adalah menggunakan deodoran maupun antiperspiran. Selain melembabkan kulit, deodoran juga baik untuk menjaga kebersihan diri karena menghilangkan bau ketiak dan mencegah ketiak basah.

Namun, pastikan anda memberi jeda sekitar beberapa jam sebelum menggunakan deodoran maupun antiperspiran setelah mencukur bulu ketiak. Usahakan juga untuk memakai pakaian yang longgar setelah mencukur bulu ketiak agar Anda dapat mencegah iritasi dan kulit kemerahan.

Populer video

Berita lainnya