Bukan Cuma Basa-Basi, Ini Dia Tata Cara Wudhu yang Beneran Benar!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
by canvapro

Menurut penelitian, wudhu tidak hanya membersihkan fisik, tapi juga bisa memberikan efek relaksasi pada pikiran dan tubuh. Hal ini dikarenakan proses wudhu melibatkan gerakan-gerakan yang dapat membantu mengurangi stres dan ketegangan. Sobat muda, inilah cara wudhu yang benar.

  1. Niat yang Ikhlas: Sebelum memulai wudhu, pastikan hatimu tulus dan ikhlas untuk melakukan ibadah ini. Niatkan dalam hati untuk membersihkan diri dari najis dan kotoran.
  2. Mencuci Tangan: Mulailah dengan mencuci tangan sebanyak tiga kali, dari ujung jari hingga pergelangan tangan. Pastikan air mencapai seluruh bagian tangan.
  3. Berkumur: Setelah itu, berkumur-kumur sebanyak tiga kali. Pastikan air mencapai seluruh bagian mulut dan tenggorokan.
  4. Memasukkan Air ke Hidung: Ambil air ke telapak tangan dan hisap ke hidung sebanyak tiga kali. Kemudian, keluarkan air dari hidung dengan membersihkan dengan tisu atau dengan cara beristinja’.
  5. Mencuci Wajah: Basahi kedua telapak tangan dengan air, lalu usapkan ke seluruh wajah dari dahi hingga dagu, dan dari telinga kanan ke kiri. Lakukan sebanyak tiga kali.
  6. Mencuci Tangan sampai Siku: Basahi telapak tangan kembali dengan air, lalu usapkan ke kedua lengan hingga siku. Mulai dari tangan kanan, lalu ke kiri. Ulangi sebanyak tiga kali.
  7. Mengusap Kepala: Basahi ujung jari telunjuk dengan air, lalu usapkan dari dahi hingga tengkuk, lalu balikkan tangan dan usapkan ke belakang kepala. Lakukan sekali.
  8. Mencuci Kaki: Basahi kedua telapak tangan dengan air, lalu usapkan ke kedua kaki hingga mata kaki, mulai dari kaki kanan. Pastikan air mencapai seluruh permukaan kaki. Ulangi sebanyak tiga kali.


Populer video

Berita lainnya