Ini yang Harus Kamu Lakukan jika Makananmu Tidak Habis

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
by canvapro

Saat kamu tidak bisa menghabiskan makananmu, itu bisa menjadi momen yang membingungkan dan membuatmu merasa bersalah. Tapi, jangan khawatir, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika makananmu tidak habis.

  1. Pertimbangkan Porsi yang Sesuai: Sebelum memesan atau menyajikan makanan, pertimbangkan porsi yang sesuai dengan selera dan kemampuanmu. Jika kamu tahu bahwa kamu tidak akan bisa menghabiskannya, mintalah porsi yang lebih kecil atau bagi makanan dengan teman.
  2. Bungkus Sisa Makanan: Jika kamu tidak bisa menghabiskan semua makananmu di restoran atau rumah makan, jangan ragu untuk meminta untuk membungkus sisa makananmu. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk mengurangi pemborosan dan kamu bisa menyantapnya di lain waktu.
  3. Berbagi dengan Orang Lain: Jika kamu merasa tidak enak hati untuk membungkus sisa makananmu sendiri, kamu bisa berbagi dengan teman atau orang lain di sekitarmu. Tawarkan kepada mereka untuk mencicipi atau membawa pulang sisa makananmu.
  4. Gunakan Kembali Makanan: Jika kamu memiliki sisa makanan yang masih layak dikonsumsi tapi tidak ingin menyantapnya lagi, kamu bisa menggunakan kembali makanan tersebut dengan cara membuat menu baru. Misalnya, sisa sayuran bisa dijadikan tambahan untuk salad atau sup.
  5. Kompos Makanan yang Tidak Terpakai: Jika kamu tidak bisa menggunakan kembali atau memberikan sisa makananmu kepada orang lain, pertimbangkan untuk mengkomposnya. Makanan yang tidak terpakai bisa menjadi sumber nutrisi bagi tanaman dan mengurangi jumlah sampah organik.
  6. Berikan kepada Orang yang Membutuhkan: Jika kamu memiliki sisa makanan dalam jumlah yang besar, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menyumbangkannya kepada organisasi amal atau yayasan yang membagikan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan.
  7. Berfikir Sebelum Membeli: Sebagai upaya pencegahan, berfikirlah dua kali sebelum membeli makanan dalam jumlah yang berlebihan. Pertimbangkan kebutuhanmu dan pastikan untuk membeli sesuai dengan kebutuhanmu agar tidak mengalami pemborosan makanan di kemudian hari.

Ketika makananmu tidak habis, ingatlah bahwa ada banyak pilihan yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi pemborosan dan memanfaatkannya dengan baik. Yang terpenting adalah menjaga kesadaranmu akan dampak dari pemborosan makanan dan berusaha untuk mengambil langkah-langkah yang bertanggung jawab dalam mengelola makananmu.

Populer video

Berita lainnya