Cemas karena Pisah dengan Pasangan? Atasi dengan Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celerbrithink.com – Rasa cemas karena berpisah atau separation anxiety bisa dialami pada anak-anak maupun orang dewasa. Bagi orang dewasa, kondisi ini terjadi karena pasangan telah Anda anggap sebagai orang yang membuat nyaman dan terlindungi. Gejalanya pun bisa berupa perasaan kesepian dan cemas yang sulit dikontrol ketika berjauhan atau berpisah dengan pasangan.

Kondisi ini tentu sebaiknya tidak dibiarkan terlalu lama. Sebab jika tidak segera diatasi, hal ini bisa mengganggu kesehatan mental hingga berdampak pada kelangsungan hubungan. Melansir laman klikdokter, berikut ini beberapa cara mengatasi separation anxiety.

Kenali tanda-tanda kecemasan

Dengan mengenali tanda-tanda munculnya kecemasan, Anda akan lebih peduli kepada diri sendiri. Hal tersebut memudahkan Anda untuk mengatasi kecemasan yang muncul berdasarkan sumbernya. Saat mengalami rasa cemas karena berpisah dengan pasangan, akan muncul perubahan, baik melalui fisik, perilaku, maupun fungsional. Jadi, saat gejalanya muncul, Anda bisa menceritakannya ke pasangan, keluarga, teman.

Belajar menerima

Meski hanya sementara, berpisah dengan pasangan yang memiliki ikatan kuat dengan Anda mungkin tidak mudah. Kondisi inilah yang kemudian membuat Anda merasa cemas. Nah, penting bagi Anda untuk mengidentifikasi bahwa kecemasan itu juga bentuk rasa takut berlebih akan kehilangan orang tercinta.

Belajarlah untuk menerima rasa takut tersebut. Dengan begitu, saat perasaan ini kembali muncul, akan mudah bagi Anda untuk bisa mengatasinya.

Kenali hubungan yang sehat

Rasa cemas berlebih saat berjauhan dengan pasangan bisa menjadi tanda ketergantungan. Oleh sebab itu, Anda perlu melihat kembali seperti apa hubungan percintaan yang sehat. Dengan begitu, Anda akan mengetahui perbedaan antara hubungan yang sehat dengan yang ketergantungan. Anda nantinya dapat menyadari dampak positif dari hubungan yang sehat dan dampak negatif dari hubungan yang serba ketergantungan.

Percaya pada kemampuan diri sendiri

Pikirkan hal apa saja yang bisa Anda lakukan sendiri atau ketika tidak sedang bersama pasangan. Isi masa-masa sendiri dengan mengembangkan kemampuan yang sudah Anda punya. Anda bisa pula memulai aktivitas baru yang minati, namun tidak sempat dilakukan.

Mengisi waktu dengan kegiatan bermanfaat akan memberikan lebih banyak energi positif bagi Anda. Rasa cemas karena berpisah pun tidak akan berlarut-larut Anda alami.

Yoga

Dalam yoga terdapat teknik pernapasan teratur atau relaksasi yang akan menstabilkan suasana hati. Dengan begitu, kondisi mental pun akan menjadi lebih tenang. Anda bisa melakukan yoga atau meditasi sendiri di rumah dengan instruksi yang didapatkan secara daring. Namun, akan lebih baik jika kegiatan ini dilakukan bersama dengan instruktur berpengalaman, agar manfaatnya lebih maksimal.

Lakukan pengobatan

Saat beberapa cara di atas telah dicoba tetapi kecemasan tidak kunjung mereda, pengobatan medis mungkin diperlukan. Salah satu pengobatan yang bisa dilakukan adalah terapi perilaku kognitif (CBT). Terapi ini bertujuan untuk mengidentifikasi pikiran dan perilaku penderita yang menyebabkan separation anxiety semakin parah. Ketika sudah teridentifikasi, akan dilakukan penanganan yang sesuai hingga kondisi individu kembali stabil.

Populer video

Berita lainnya