Tetap Fit Selama Berpuasa, Lakukan Tips Berikut Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Jaga Kesehatan Jelang Ramadan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Penting mengatur gaya hidup agar tidak lemas, lesu, dan tetap fit selama bulan puasa. Pasalnya, selama berpuasa tubuh tidak mendapat asupan makanan dan cairan selama beberapa jam. Selain itu, penting mengonsumsi makanan yang tepat saat berbuka puasa dan sahur.

Gaya hidup sehat selama bulan suci Ramadan juga penting untuk dilakukan guna menghindari masalah kesehatan, bahkan mencegah kenaikan berat badan. Melansir laman Halodoc, berikut ini tips yang bisa dilakukan agar tetap fit selama bulan puasa:

Pilih makanan bergizi seimbang

Saat berbuka, seseorang seringkali memanjakan perut dengan makanan apapun. Kebanyakan mereka tidak lagi memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehat atau tidak. Padahal makanan tidak sehat seperti makanan olahan, tinggi garam, gula, dan lemak tidak sehat, justru membuat cepat lapar dan cepat haus.

Berikut ini pilihan makanan bergizi seimbang dan sehat yang direkomendasikan selama puasa:

  • Cobalah mengonsumsi segenggam kacang panggang.
  • Pilih makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh.
  • Rutin mengonsumsi sayuran dan buah segar setiap waktu makan.
  • Konsumsi makanan yang dipanggang atau dikukus daripada yang digoreng.
  • Konsumsi makanan penutup berbuka puasa dalam porsi kecil. Jika menyukai rasa manis, sebaiknya pilih buah atau kurma.

Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa dengan menerapkan aturan 2-4-2. Maksudnua, minum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur.

Istirahat ketika merasa lelah

Ketika menahan rasa lapar dan haus, Anda akan mudah merasa ngantuk dan lelah. Hal itu adalah wajar. Jadi, tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak dari aktivitas yang sedang dilakukan. Sediakan waktu 5 -10 menit untuk beristirahat, misalnya di waktu kosong atau istirahat kantor.

Tetap aktif berolahraga

Puasa bukan menjadi alasan seseorang untuk tidak berolahraga. Olahraga justru bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat puasa.

Selama puasa, dianjurkan berolahraga 60 menit sebelum berbuka atau setelah Salat Tarawih. Karena di waktu tersebut, Anda dapat segera menggantikan kekurangan cairan tubuh.

Konsumsi makanan bernutrisi saat sahur

Sahur bukan sekadar formalitas saja, melainkan bekal untuk tubuh selama berpuasa. Ketika sahur tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan agar puasa berjalan lancar. Oleh karena itu pastikan untuk tidak melewatkan sahur.

Kualitas tidur yang cukup

Selain pola makan, pola tidur juga ikut berubah saat puasa. Karenay perlu mengatur waktu tidur agar kebutuhan tidur tetap tercukupi. Misalnya, tidur dan bangun pada jam yang sama untuk mengatur siklus sirkadian tubuh secara alami.

Populer video

Berita lainnya