Begini Cara Positif Menghadapi Rasa Frustasi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Frustasi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Frustrasi kerap dikaitkan dengan putus asa dan stres yang tinggi. Kondisi ini terjadi karena kenyataan yang ada tidak sesuai dengan harapan. Jika dibiarkan, frustrasi bisa mengarah kepada depresi. Oleh karenanya penting untuk mengetahui bagaimana cara untuk menghadapinya. Melansir laman halodoc, coba lakukan cara ini untuk menghadapi rasa frustasi.

Menenangkan diri

Ini merupakan cara yang paling efektif menghadapi rasa frustrasi. Ambil jeda untuk diri sendiri, carilah tempat yang tenang dan nyaman. Lalu, tarik napas dan hembuskan kembali perlahan sampai benar-benar merasa lebih baik dan rileks.

Berbagai pada orang lain

Cara ini juga banyak dilakukan saat seseorang merasa sedih, kecewa, marah, atau frustrasi. Tak hanya membuat diri menjadi lebih lega, Anda juga bisa mendapatkan saran terbaik dari orang lain tentang bagaimana harus menghadapi masalah yang sedang dihadapi.

Ketahui penyebabnya

Sedih, marah dan kecewa merupakan perasaan yang wajar dan manusiawi. Namun sebaiknya kondisi tersebut jangan dibiarkan hingga berlarut-larut. Lebih baik mencari tahu apa yang menjadi penyebab mengalami frustrasi. Jika memang diperlukan, catat semua hal yang membuat tidak nyaman, tentukan mana yang bisa diperbaiki atau ubah lebih dulu.

Bicara pada diri sendiri

Cara ini Ini akan membantu meningkatkan semangat dan kepercayaan diri. Katakan pada dirimu di depan cermin, kalau semua akan baik-baik saja. Anda hanya perlu mempersiapkan diri untuk menjadi lebih baik lagi. Tanpa sadar, semangat yang Anda berikan untuk diri bisa membuatmu melalui hari-hari berat tersebut.

Tidak memikirkannya berlebihan

Alih-alih terlalu fokus pada frustrasi yang sedang dirasakan, lebih baik alihkan perhatian dan memanfaatkan waktu senggang untuk melakukan berbagai hal positif lainnya. Anda bisa menghabiskan waktu dengan melakukan meditasi, yoga, berolahraga ringan, mendengarkan musik, menonton film, membaca buku, atau berlibur.

Populer video

Berita lainnya