Wisata ke Desa Penglipuran di Bali, Desa Terbersih di Dunia

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://www.instagram.com/desa_adat_penglipuran/

Kamu tentu sudah tidak asing dengan salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan alam dan budayanya, yakni Pulau Bali. Dijuluki “Pulau Dewata”, Bali menjadi destinasi wisata yang tidak luput dari banyak kalangan.  Rasanya rencana berlibur belum lengkap jika belum ke Bali.

Jika kamu yang sudah pernah mengunjungi Bali, ke mana sajakah tujuan destinasi selama berada di pulau dengan 8 kabupaten dan 1 ibu kita tersebut? Apakah kamu sudah pernah mengunjungi Desa Penglipuran yang terletak di Kabupaten Bangli?

Desa Penglipuran menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika berlibur ke Bali. Selain Kuta dan Canggu, Bali tentu memiliki sisi tradisional yang wajib diketahui. Walaupun desa ini juga sudah menjadi daerah wisata, para warga yang tinggal di desa ini masih tetap menjaga kelestarian desa tersebut.

Desa Penglipuran adalah sebuah desa yang terletak di Kabupaten Bangli. Desa ini sangat istimewa, karena lingkungannya yang sangat bersih. Bahkan, desa ini dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia oleh Organisasi Pariwisata PBB pada tahun 2023 lalu.

Desa dengan luas wilayah 112 hektare ini, memiliki berbagai tradisi unik yang masih dijaga oleh warga desanya. Salah satu dari tradisi tersebut dinamakan “Karang Memadu”, ini adalah aturan adat yang melarang warga desanya untuk melakukan poligami ataupun poliandri. Mereka juga menerapkan kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan untuk melakukan pekerjaan yang sama.

Informasi menarik lainnya tentang desa ini adalah sering diadakannya berbagai acara yang melibatkan wisatawan yang berkunjung ke desa tersebut. Salah satu acara yang diadakan bertajuk Penglipuran Village Festival. Acara ini digelar setiap tahun, tepatnya di penghujung tahun. Festival ini menampilkan berbagai pertunjukkan tradisi Bali, termasuk parade baju adat tradisional daerah Bangli, permainan tradisional anak-anak, dan parade seni budaya lainnya.

Jadi, Desa Penglipuran dapat menjadi salah satu destinasi kamu jika sedang berkunjung ke Bali. Selain menikmati suasana desa tersebut, kamu juga akan mendapatkan informasi baru tentang tradisi dan budaya yang berkembang di desa tersebut.

Populer video

Berita lainnya