Resep Sayur Lodeh Lezat untuk Berbuka Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by cookpad

Berbuka puasa adalah momen yang dinanti-nanti setiap hari di bulan Ramadan. Setelah seharian menahan lapar dan haus, menyantap hidangan lezat untuk memulihkan energi menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri. Salah satu hidangan yang sering menjadi favorit saat berbuka puasa adalah sayur lodeh. Hangatnya kuah santan yang gurih dengan aroma rempah yang khas mampu menggugah selera. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat sayur lodeh yang lezat dan cocok disantap bersama keluarga saat berbuka puasa.

Bahan-bahan:

  1. 200 gram tempe, potong kotak-kotak tipis
  2. 2 buah tahu putih, potong kotak-kotak
  3. 100 gram buncis, potong menjadi dua bagian
  4. 2 lembar daun salam
  5. 2 batang serai, memarkan
  6. 2 cm lengkuas, memarkan
  7. 3 lembar daun jeruk
  8. 500 ml santan kental
  9. 500 ml air
  10. Garam secukupnya
  11. Gula secukupnya
  12. Minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  1. 5 buah cabai merah keriting
  2. 3 buah cabai rawit (sesuai selera pedas)
  3. 4 siung bawang putih
  4. 3 cm kunyit
  5. 2 cm jahe
  6. 4 butir kemiri, sangrai

Cara Memasak:

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan semua bahan dan bumbu yang diperlukan. Potong tempe, tahu, dan buncis sesuai selera. Sisihkan.
  2. Haluskan semua bahan bumbu halus menggunakan blender atau ulekan sampai halus dan tercampur rata.
  3. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk sampai harum dan matang.
  4. Setelah bumbu matang, tambahkan potongan tempe dan tahu ke dalam wajan. Aduk merata hingga tercampur dengan bumbu.
  5. Tuangkan santan kental dan air ke dalam wajan. Biarkan mendidih dengan api sedang sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.
  6. Setelah kuah mendidih, tambahkan potongan buncis ke dalam wajan. Masak hingga semua bahan matang dengan sempurna dan bumbu meresap.
  7. Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata dan cicipi kuahnya, sesuaikan rasa sesuai dengan preferensi masing-masing.
  8. Setelah sayur lodeh matang, angkat dari kompor dan siap disajikan. Sajikan sayur lodeh hangat sebagai hidangan berbuka puasa bersama dengan nasi hangat.

Sayur lodeh siap disantap! Dengan resep yang sederhana ini, Anda bisa membuat hidangan lezat dan bergizi untuk berbuka puasa bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba dan semoga hidangan ini menambah keberkahan dan kebahagiaan di meja berbuka Anda. Selamat berbuka puasa!

Populer video

Berita lainnya