Sambal Embe Khas Bali, Cocok untuk yang Tidak Suka Ngulek

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://cookpad.com/id/resep/3731225-sambal-embe-bali-simply-tasty

Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang juga terkenal dengan olahan makanan pedas. Di bali juga terdapat banyak jenis sambal untuk menjadi pelengkap hidangan utama.

Sambal embe menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk dipadu-padankan dengan makanan apapun. Embe dalam Bahasa Bali berarti bawang goreng. Maka dari itu, bahan dasar dari sambal ini adalah bawang goreng.

Bagi Anda yang tidak suka aktivitas mengulek, maka ini adalah salah satu jenis sambal yang patut Anda coba praktikkan di rumah sendiri. Semua bahan yang digunakan hanya perlu diiris dengan pisau.

Bahannya pun sangat sederhana, anda hanya perlu penyiapkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, terasi, garam dan minyak goreng. Bahkan anda dapat menggunakan bawang merah goreng dan bawang putih goreng yang sudah jadi dan dijual di pasaran. Anda hanya tinggal menggoreng cabai dan terasi, setelah itu dicampur menjadi satu dengan bawang goreng yang sudah Anda beli.

Namun, jika Anda ingin membuat sambal ini dari semua bahan mentah, Anda pun dapat melakukannya. Perbandingan antara bawang merah, bawang putih dan cabai adalah 2:1:2. Jumlah bawang putih harus setengah lebih sedikit dari pada bawang merah.

Setelah semua bahan diiris, Anda hanya tinggal perlu menggoreng bawang merah dan wanag putih terlebih dahulu. Kemudian, setelah berwarna keemasan, masukkan cabai rawit. Setelah cabai rawit layu, masukkan terasi dan garam sesuai selera. Dan Anda langsung dapat menyantapnya dengan hanya telur goreng atau lauk yang Anda miliki di rumah.

Mudah bukan cara membuatnya? Semoga sambal embe ini menjadi inspirasi menu makan siang Anda.

Populer video

Berita lainnya