5 Cara Mudah Memeriksa Kesehatan Mulut

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tersenyum, berbicara, tertawa, makan dan minum, adalah semua aktivitas yang melibatkan mulut. Kadang kaum perempuan memakai lipstik, atau merapikan dan memutihkan gigi, mengingat mulut merupakan organ vital, yang tampak saat kita berkomunikasi dengan orang lain secara langsung.

Namun survei yang dilakukan Yayasan Kanker Kepala dan Leher (HNCF) menunjukkan kebanyakan wanita tidak mengetahui cara mendeteksi tanda-tanda awal kanker mulut. Sehingga, kampanye Get Mouthy About Cancer pun sempat dilakukan, seperti mengedukasi tentang kanker yang merusak ini.

Dilansir dari laman Female First, Michelle Vickers selaku CEO HNCF, menjelaskan bagaimana memeriksakan kesehatan mulut dalam waktu singkat. Yakni sebagai berikut:

Lihat seluruh wajahmu

Pernahkah Anda memperhatikan adanya pembengkakan yang biasanya tidak ada? Periksa kulit Anda, apakah Anda memiliki tahi lalat yang membesar atau mulai gatal atau berdarah? Jangan lupa untuk memutar kepala Anda dari satu sisi ke sisi lain, ini akan meregangkan kulit di atas otot sehingga lebih mudah dilihat.

Rasakan leher anda

Anda perlu menggerakkan jari-jari di bawah rahang dan meraba otot besar di kedua sisi leher menggunakan bola-bola jari Anda. Anda perlu memeriksa apakah ada benjolan atau area yang bengkak dan apakah semuanya terasa sama di kedua sisi.

Kerutkan

Saat Anda mengoleskan lipstik atau menyikat gigi, gunakan waktu ini untuk memeriksa bibir Anda. Rasakan di sekitar bagian dalam bibir Anda dan di sepanjang garis gusi. Setiap bisul yang menempel atau muncul kembali, perubahan tekstur, atau benjolan dan benjolan harus diperiksa oleh ahli medis.

Rasakan pipi anda

periksa bagian dalam dan luar dengan jari-jari Anda. Ini harus terasa sama di kedua sisi. Anda mencari bercak merah atau putih, benjolan, bisul, atau nyeri tekan.

Miringkan kepala anda

Untuk melihat langit-langit mulut Anda, miringkan kepala Anda ke belakang dan buka mulut Anda lebar-lebar seperti cermin. Anda mencari bisul dan juga perubahan warna dan tekstur. Jika Anda melakukannya seminggu sekali, Anda akan melihat apakah ada yang berubah atau terlihat tidak biasa.

Populer video

Berita lainnya