Muncul Jerawat di Dekat Bibir? Kenali Penyebabnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Wajah berjerawat bikin galau. (Pic by PInterest)

Pernah nggak kalian merasakan muncul jerawat di dekat bibir? Baik di bagian atas bibir atau bawah bibir. Tentunya hal ini membuat kurang nyaman, dan dari sisi penampilan pun jadi mengurangi rasa percaya diri.

Jerawat di bibir ini bisa muncul karena beberapa penyebab lho. Dilansir dari Halodoc, jerawat di dekat bibir bisa muncul karena adanya perubahan hormon. Misalnya saja masa pubertas, menstruasi, kehamilan, dan menopause. Perubahan hormone ini menyebabkan kondisi seseorang mengalami peningkatan mintak. Nah, peningkatan minyak pada wajah ini yang berpotensi memunculkan jerawat di dekat bibir, baik di atas ataupun di bawah bibir.

Selain itu, jerawat di bibir bisa diakibatkan karena pori-pori yang tersumbat dan iritasi di dekat bibir. Misalnya saja karena penggunaan pelembab bibir yang berminyak. Lilin dalam pelembab bibir dapat menyumbat pori-pori jika pelembab bibir tersebut menyebar dari bibir ke kulit.

Jerawat di area bibir juga bisa muncul karena tangan kita yang kurang bersih kerap mengusap bagian wajah termasuk area sekitar bibir. Jadi usahakan untuk selalu cuci tangan sebelum mengusap atau menyentuh area kulit wajah.

Lantas bagaimana mengatasinya? Dilansir dari Hellosehat, kita bisa mengompres area bibir yang muncul jerawat. Obat-obatan juga dirasa efektif untuk mengatasai jerawat, misalnya dengan krim dan salep. Jenis obat yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat diantaranya benzoil peroksida yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan mengendalikan minyak. Juga krim yang mengandung retinol yang bertugas membuka sumbatan pada pori dan mencegah peradangan.

Namun, bagi kalian yang suka dengan obat alami bisa juga menggunakan menggunakan cuka apel, madu, lidah buaya, dan tea tree oil untuk membantu mengurangi jerawat yang muncul di area bibir.

Populer video

Berita lainnya