Tips Merencanakan Liburan Agar Lebih Berkesan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://unsplash.com/photos/brown-hat-TVllFyGaLEA?utm_content=creditShareLink&utm_medium=referral&utm_source=unsplash

Berlibur menjadi salah satu aktivitas pilihan yang dilakukan beberapa orang ketika merasakan penat dalam kegiatan sehari-hari. Bahkan tidak jarang aktivitas liburan ini diagendakan setiap tahun dan menjadi agenda keluarga atau bersama teman-teman dekat.

Banyak orang juga tidak jarang yang mempersiapkan tabungan khusus untuk berlibur. Tabungan ini biasanya sudah dikumpulkan jauh-jauh hari dari waktu liburan. Seperti yang diketahui, berlibur sering kali memerlukan biaya tertentu. Jenis biayanya pun dapat beraneka ragam, mulai dari biaya transportasi, akomodasi, konsumsi, biaya tiket masuk ke lokasi hiburan dan juga biaya untuk membeli buah tangan dari lokasi tempat Anda berlibur.

Selain urusan perencaan biaya, beberapa hal juga harus masuk ke dalam perencanaan liburan. Semua perencanaan ini memerlukan waktu sebelum Anda benar-benar berada pada hari liburan yang telah Anda tentukan.

Ini adalah beberapa tips untuk merencanakan liburan agar Anda dapat merasakan liburan yang berkesan dan berkualitas.

  1. Tentukan Rute Liburan Anda

Hal pertama yang harus dilakukan untuk merencakan liburan adalah menentukan rute liburan Anda. Tulislah daftar tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi dan urutkanlah tempat-tempat tersebut dari rute yang terjauh dan terdekat. Anda dapat melakukan riset kecil-kecilan tentang tempat yang ingin Anda kunjungi untuk menentukan hal-hal yang berkaitan seperti akomodasi dan transportasi. Anda dapat melakukan riset dengan mengunjungi situs travel blog yang berisin ulasan tentang tempat yang ingin Anda kunjungi.

  • Merencanakan Liburan Jauh Hari Sebelumnya

Anda dapat merencanakan liburan Anda setidaknya untuk satu tahun ke depan. Dalam periode satu tahun ke depan, maka anda akan dapat mempertimbangkan beberapa hal lainnya, seperti rencana cuti dari pekerjaan, melihat hari libur panjang, memprediksi musim yang akan terjadi, dan periode pembukaan tempat wisata.

Selain itu, biasanya juga terdapat banyak promo untuk harga tiket transportasi dan akomodasi jika Anda sudah melakukan pemesanan jauh hari sebelumnya. Anda juga dapat melakukan pencarian tiket transportasi dan akomodasi pada saat itu.

  • Persiapkan Biaya Liburan

Tentu hal ini sangat penting untuk Anda lakukan. Ini juga sangat penting dilakukan untuk menyesuaikan keinginan liburan Anda dengan biaya yang dapat Anda kumpulkan. Anda juga dapat mencatat kemungkinan pengeluaran berkaitan dengan destinasi yang Anda inginkan pada saat melakukan riset. Kemudian, lakukan alokasi biaya untuk berbagai aktivitas selama liburan.

  • Miliki Catatan Khusus untuk Perencanaan Liburan

Seluruh informasi yang anda dapatkan selama melakukan riset perencanaan liburan, Anda harus menuliskannya pada catatan khusus agar tersimpan dengan rapi. Ini akan memudahkan Anda untuk menentukan keputusan selanjutnya berdasarkan hasil catatan yang Anda kumpulkan. Jangan lupa juga menulis catatan pada media yang mudah diakses. Jika Anda tidak menuliskannya di buku, maka gunakanlah media catatan digital yang bisa Anda isi di mana saja.

Populer video

Berita lainnya