Memaknai Hari Raya Nyepi bersama Navicula

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sumber foto: https://www.youtube.com/watch?v=bMweEZv04pw

Nyepi adalah salah satu hari raya besar Umat Hindu di Bali yang mungkin sudah dikenal keunikannya hingga keluar Bali. Perayaan tahun baru Caka ini dirayakan tidak seperti perayaan tahun baru pada umumnya yang lengkap dengan kemeriahan dan keramaian. Seperti kata dasarnya, yakni sepi, perayaan Hari Suci Nyepi dilakukan dengan kondisi yang betul-betul sepi. Tidak ada kendaraan melintas, tidak ada orang yang keluar rumah, bahkan tidak ada cahaya selama 24 jam.

Perayaan Hari Suci Nyepi dapat dengan mudah dipahami lewat sebuah lirik yang digubah oleh Gede Robi lewat lagunya bersama group band yang bertajuk Navicula. Judul lagu ini adalah ‘Saat Semua Semakin Cepat, Bali Berani Berhenti’.

Dikutip dari deskripsi video clip lagu ini di kanal youtube, “Sebuah hari suci bagi umat Hindu khususnya di Bali, yang memperingati tahun baru Caka, dengan meniadakan rutinitas.” Peniadaan rutinitas tersebut memang benar adanya. Semuanya berhenti dalam waktu satu hari.

Dan ketika kita menyelami potongan lirik lagu berikut ini:

Saat dia datang

Kurasa tenang

Meski gelap malam

Kurasa bintang-bintang lebih terang

Sama sekali tidak ada pencahayaan pada malam hari saat perayaan Hari Nyepi, membuat pengelihatan kita lebih mudah untuk melihat jutaan bintang di langit. Hal ini bahkan jarang dapat ditemui, apalagi mereka yang tinggal dikawasan perkotaan.

Meski lagu ini sudah berusia delapan tahun, namun rasanya belum ada yang lebih tepat memaknai perayaan Tahun Baru Caka dengan seindah lantunan dan Bahasa yang mudah dipahami. Siapapun dapat mendengarkan lagu ini dan bernyanyi di mana pun. Lagu ini bahkan mungkin sering dilantunkan oleh para perantau Umat Hindu Bali yang belum bisa merayakan Hari Nyepi di kampung halaman.

Populer video

Berita lainnya