Soleh Solihun dan Kemampuan Wawancaranya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sumber foto: https://www.youtube.com/watch?v=YTmEmcNEg40&t=141s

Soleh Solihun dikenal sebagai salah satu standup comedian di Indonesia. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa ia dulunya adalah seorang wartawan musik. Ia meluluskan gelar sarjananya di Universitas Padjajaran dengan mengambil jurusan komunikasi dan spesifik mempelajari mengenai jurnalisme. Karier di dunia jurnalisme adalah sebagai reporter di Majalah Trax pada tahun 2004-2005, feature editor di Playboy Indonesia pada tahun 2006-2008, serta editor di Rolling Stone pada tahun 2008-2012.

Berkat kemampuannya di dunia jurnalisme dan media, kemampuan Soleh Solihun dalam melakukan wawancara dengan narasumber tidak dapat dianggap remeh. Jika kalian ingin mendapatkan cerita lengkap dan utuh dari seorang figure tanah air, maka kalian dapat menemukannya dalam edisi-edisi wawancara yang dilakukan oleh Soleh Solihun.

Kemampuannya dalam melakukan wawancara menggiring Soleh menjadi host sekaligus yang melakukan wawancara pada beberapa artis Indonesia di beberapa program acara. Berikut adalah beberapa program acara di kanal youtube yang menjadikan Soleh Solihun sebagai host-nya.

  • Podcast Naik Clas

Podcast Naik Clas adalah program di kanal  kanal youtube milik AuthencityID. Bernuansa seperti setting podcast pada umumnya, program ini memposisikan soleh Solihun sebagai host duduk berhadapan dengan narasumber. Beberapa musisi dan pelaku seni yang pernah diundang di podcast ini adalah Mocca, Pusakata, Kikan ‘Coklat’, Bimbim ‘Slank’, hingga Dicky Difie dan Boris Bokir.

  • 3Pod Show

3Pod Show adalah sebuah program podcast yang juga menjadikan Soleh Solihun sebagai host-nya. Berjumlah sekitar dua puluh tiga episode, program ini mengundang beragam kalangan pelaku seni, tidak hanya musisi, namun juga pemain film dan komedian. Di awal program, Soleh Solihun akan membacakan tiga statement tentang figur yang akan diwawancara dan kemudian akan dibahas bersama figure tersebut. Soleh menguak banyak informasi mengenai figur yang diwawancaranya melalui program ini

  • Saleh yang Soleh

Sudah ada sebanyak enam episode, program Saleh yang Soleh adalah duet antara Soleh Solihun dengan Saleh Husein, yakni personil dari group band  The Adams. Program ini adalah milik kanal youtube Sedjuk Media Network, yang diketahui Soleh Solihun juga menjadi bagian dalam perusahaan tersebut.

  • The Soleh Solihun Interview

Selain diminta untuk menjadi host di beberapa program youtube, Soleh Solihun tentu memanfaatkan kemampuan wawancara yang dimilikinya untuk akun youtube pribadinya. Pada akun pribadinya, Soleh Solihun sudah melakukan wawancara dengan banyak artis, baik musisi maupun bukan musisi. Cara unik Soleh Solihun dalam melakukan wawancara sering kali menjadi sorotan para penontonnya maupun narasumbernya. Soleh Solihun tidak menggunakan alat apapun selain gawai yang dimilikinya. Bahkan ia memegang gawainya dengan tangan dan bertahan hingga waktu satu sampai dua jam dalam proses wawancara. Selain itu, dalam pengakuannya di beberapa kesempatan, Soleh mengatakan bahwa akun pribadinya tidak dimonetisasi. Sehingga kalian akan dapat menonton video wawancara tersebut dengan nyaman tanpa gangguan iklan.

Demikianlah beberapa program yang menjadikan Soleh Solihun sebagai host dan kita dapat melihat kemampuan Soleh dalam mewawancarai narasumber pada program-program tersebut.

Populer video

Berita lainnya