Cara Efektif Menghilangkan Pegal di Tangan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Leher Pegal
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pegal adalah istilah untuk menggambarkan sensasi kekakuan, tidak nyaman, atau nyeri pada otot tubuh. Sensasi ini dapat muncul dibagian tubuh mana pun, termasuk tangan.

Pegal di tangan sering kali disebabkan oleh penggunaan otot atau aktivitas fisik secara berlebihan dalam waktu yang lama. Kurang istirahat juga bisa menyebabkan kelelahan otot yang membuat pegal di tangan.

Kondisi ini bisa menghambat produktivitas dan kenyamanan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, pegal di tangan bisa menjadi gejala dari suatu kondisi, seperti cedera, kekurangan vitamin D atau kalium, sakit flu, maupun konsumsi obat-obatan tertentu.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan pegal di tangan? Melansir laman Alodokter, lakukan cara berikut ini.

Istirahatkan tangan

Jika tangan mulai terasa pegal, segeralah berhenti sejenak dari aktivitas yang sedang Anda lakukan. Hindari gerakan berulang atau penggunaan berlebihan pada tangan.

Peregangan ringan

Peregangan ringan dapat menjadi cara menghilangkan pegal di tangan yang cukup efektif. Selain menghilangkan pegal, peregangan ini dapat meredakan nyeri serta meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak tangan.

Kompres dengan air hangat atau dingin

Kompres hangat membantu meningkatkan aliran darah dan membuat otot-otot yang kaku lebih relaks, sehingga pegal di tangan dapat hilang. Hindari menggunakan air panas untuk mengompres tangan karena bisa menyebabkan luka bakar pada kulit. Selain dengan kompres, manfaat ini juga bisa didapatkan dengan mandi air hangat.

Di samping itu, kompres dingin juga bisa dijadikan cara menghilangkan pegal di tangan. Kompres dingin diketahui dapat meredakan peradangan pada otot dan sendi. Pastikan Anda membalut es batu dengan kain bersih sebelum dikompreskan ke tangan yang terasa pegal.

Pijat tangan

Pijat dapat dijadikan cara menghilangkan pegal di tangan karena dapat membuat otot-otot lebih relaks dan meredakan nyeri. Terapi pijat tangan bisa dilakukan sendiri dengan cara memberi tekanan ringan dari bahu hingga ibu jari.

Minur air putih

Minum air putih dapat meredakan peradangan dan memberikan nutrisi ke otot, sehingga pegal-pegal di tangan dapat mereda. Terpenuhinya kebutuhan cairan juga bisa menjadi cara untuk mencegah pegal muncul kembali.

Populer video

Berita lainnya