Cara Sederhana Menghaluskan Kulit Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Alami Kencangkan Kulit Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki kulit wajah yang halus dan sehat menjadi dambaan semua orang, khususnya bagi kaum wanita. Kulit wajah yang halus sendiri ditandai dengan penampilan kulit kencang, dan terasa mulus ketika disentuh. Selain itu, kulit wajah yang halus juga biasanya memiliki pori-pori kecil, tidak berjerawat, serta bersih dari noda hitam.

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit wajah halus, tidak melulu harus melalui perawatan di klinik kecantikan. Sebab, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membantu mendapatkan kulit wajah yang halus. Melansir laman Alodokter, simak ulasan berikut ini.

Mengonsumsi air putih

Memenuhi asupan cairan tubuh setiap hari dapat menjaga kelembapan kulit wajah, sekaligus menghaluskan wajah. Setidaknya, minum air putih 8 gelas setiap harinya, agar terhindar kondisi kulit kering yang bisa memicu tekstur kulit wajah menjadi kasar.

Minum air putih yang cukup juga dapat meningkatkan elastisitas kulit wajah Anda, sehingga membuat penampilannya terlihat lebih cerah dan halus.

Konsumsi makanan kaya antioksidan

Penelitian menunjukkan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan membantu menghaluskan kulit wajah. Hal ini karena antioksidan mampu mencegah munculnya tanda penuaan pada kulit, seperti kerutan dan garis halus.

Antioksidan melindungi kulit dari paparan radikal bebas penyebab peradangan. Dengan begitu, kondisi akibat peradangan pada kulit, misalnya jerawat, dapat teratasi dengan cepat. Tidak adanya kerutan, garis halus, serta jerawat tentunya akan membuat kulit wajah Anda terlihat lebih halus dan sehat.

Pakai tabir surya setiap hari

Paparan sinar matahari dapat merusak kolagen dan memicu penumpukan sel-sel kulit mati. Akibatnya, kerutan muncul dan tekstur wajah menjadi kasar.

Menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, terutama jika sering melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari, dapat membantu mengurangi keluhan. Dengan begitu, kulit wajah yang halus dapat tetap terjaga.

Gunakan pelembap wajah

Pelembap wajah mengandung berbagai bahan yang bisa meningkatkan kelembapan kulit. Ketika kelembapannya terjaga, kulit wajah pun terlihat lebih cerah dan halus.

Anda bisa menggunakan pelembap wajah sebanyak 2 kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari menjelang tidur. Agar hasilnya optimal, penggunaan pelembap wajah harus disesuaikan dengan jenis kulit yang Anda miliki.

Eksfoliasi kulit

Tekstur kulit yang kasar dapat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati. Untuk membantu mengatasinya, lakukan teknik pengelupasan kulit atau eksfoliasi. Melakukan eksfoliasi secara rutin dapat menghilangkan berbagai kotoran yang menyumbat pori-pori, sehingga kulit wajah terhindar dari jerawat.

Tapi perlu diingat, eksfoliasi kulit sebaiknya hanya dilakukan sebanyak 1–2 kali dalam seminggu. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan produk skincare mengandung retinoid, asam salisilat, atau asam alfa-hidroksi (AHA).

Olahraga teratur

Olahraga yang teratur juga bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit. Sebab, saat olahraga aliran darah di dalam tubuh akan meningkat, termasuk aliran darah yang ada di kulit wajah. Dengan begitu, kulit akan mendapat nutrisi yang cukup sehingga membuatnya tampak lebih halus.

Cukup waktu tidur

Mencukupi waktu tidur 7–9 jam setiap hari sangat penting dilakukan untuk mendapat kulit wajah yang halus. Pasalnya, tidur yang cukup bisa meningkatkan kinerja tubuh dalam memproduksi kolagen.

Kolagen merupakan protein alami di dalam tubuh yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Selain dapat memperbaiki struktur kulit yang rusak, kolagen berfungsi untuk mengencangkan serta mencegah terjadinya tanda penuaan.

Populer video

Berita lainnya