Ini 5 Manfaat Air Hangat untuk Kulit Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Mandi Air Hangat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Air hangat sering kali digunakan untuk mandi saat tubuh terasa pegal, nyeri otot, atau sebagai relaksasi. Selain itu, air hangat juga dimanfaatkan sebagai rutinitas perawatan kulit wajah.

Namun, manfaat air hangat untuk wajah didapat bila dilakukan dengan cara yang tepat. Melansir laman Alodokter, berikut manfaat air hangat untuk wajah yang bisa diperoleh.

Membersihkan pori-pori

Kulit manusia secara alami akan mengalami regenerasi, salah satu caranya melalui pelepasan sel-sel kulit mati. Jika kulit tidak dibersihkan dengan benar, sel-sel tersebut dapat menumpuk dan menyumbat pori-pori.

Anda bisa membasuh wajah dengan air hangat. Air hangat membantu membuka pori-pori serta memudahkan keluarnya sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih dari dalam pori-pori.

Mencegah muncul komedo dan jerawat

Manfaat ini karena air hangat memudahkan pengeluaran sel kulit mati yang tersumbat dan membersihkan pori-pori. Sehingga, risiko munculnya komedo dan jerawat pun dapat dicegah.

Melembapkan kulit

Membasuh kulit dengan air hangat dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Penggunaan air hangat dapat memicu kelenjar kulit memproduksi lebih banyak minyak atau sebum. Sehihga, kulit akan lembap secara alami, sekaligus terlihat lebih mengilap dan bersinar.

Menyerap produk perawatan kulit lebih baik

Manfaat lain yang bisa diperoleh adalah penyerapan produk perawatan kulit yang lebih baik. Air hangat dapat meningkatkan permeabilitas atau daya tembus kulit. Dengan begitu, kulit akan menyerap bahan aktif yang terkandung dalam produk perawatan kulit, seperti pelembap, serum, atau sunscreen dengan lebih optimal.

Mencegah penuaan dini

Manfaat air hangat untuk wajah yang satu ini diperoleh berkat sensasi hangat yang dapat melancarkan aliran darah di wajah. Aliran darah yang lancar akan merangsang produksi kolagen dan elastin.

Kedua protein ini membantu menjaga skin barrier dari kerusakan dan meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit lebih kencang. Kerutan dan garis halus di kulit juga dapat berkurang.

Populer video

Berita lainnya