Posisi Tidur yang Direkomendasikan saat Hidung Tersumbat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Hidung Mampet
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang memiliki posisi tidur yang dianggap paling nyaman. Namun hal itu seolah menjadi tidak berlaku ketika mengalami hidung tersumbat. Anda justru disarankan mengetahui posisi tidur tertentu agar keluhan hidung tersumbat tak semakin parah dan membuat sulit tidur.

Saat hidung tersumbat disarankan tidur dalam posisi telentang. Dengan catatan, perhatikan juga posisi kepala. Dianjurkan untuk menaikkan kepala agar posisinya lebih tinggi daripada jantung. Anda dapat menyangga kepala menggunakan 2 bantal ketika tidur dalam posisi ini.

Tidur telentang dengan bantal yang tinggi akan meminimalkan peningkatan aliran darah ke hidung. Sehingga, penumpukan lendir dan peradangan pada hidung dapat berkurang, dan keluhan hidung tersumbat berkurang.

Selain tidur dalam posisi telentang dengan bantal yang tinggi, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk tidur menjadi lebih nyenyak. Melansir laman Alodokter, berikut uraiannya.

Memakai sarung bantal yang bersih

Pastikan sarung bantal yang dipakai dalam keadaan bersih. Sarung bantal yang kotor cenderung berdebu dan dapat menjadi tempat bersarangnya tungau. Hal ini dapat memperburuk keluhan hidung tersumbat yang diderita.

Memasang humidifier

Pasang humidifier di kamar tidur supaya kelembapan udara di ruangan tersebut terjaga. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan humidifier dapat menjaga kelembapan udara, sehingga meringankan keluhan hidung tersumbat.

Matikan lampu

Dalam kondisi hidung tersumbat atau tidak, Anda dianjurkan untuk tidur dalam kondisi ruangan yang gelap dan tenang. Dengan demikian tidur akan menjadi lebih nyenyak.

Konsumsi obat antihistamin

Guna meringankan hidung tersumbat dan tidur nyenyak, Anda dapat mengonsumsi obat antihistamin sebelum tidur. Namun, konsumsi obat ini harus berdasarkan saran dari dokter, karena tidak semua kasus hidung tersumbat bisa mereda dengan obat antihistamin.

Populer video

Berita lainnya