Ketahui Manfaat Jeruk Limau untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Jeruk Limau
Foto: Istimewa

Celebrithnink.com – Jeruk limau mempunyai ciri kulit yang sedikit bergelombang dan berukuran lebih kecil dibanding jeruk nipis. Biasanya, air perasan limau sering digunakan sebagai taburan sambal supaya cita rasanya sedikit masam dan segar. Selain itu, air perasan jeruk juga bisa dicampur bersama minuman teh maupun air rebusan jahe untuk mempertajam rasa.

Meskipun tidak sepopuler jeruk nipis, manfaat jeruk limau untuk kesehatan juga tidak kalah. Melansir laman halodoc, berikut segudang manfaat jeruk limau untuk kesehatan.

Mencegah penyakit kronis

Satu buah jeruk limau mengandung lima macam antioksida, yakni Flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat yang mampu melawan radikal bebas. Tingginya kadar radikal bebas dalam tubuh mampu merusak sel-sel sehat yang berujung pada risiko penyakit kronis. Dengan adanya antioksidan, diabetes, kanker dan penyakit jantung bisa dicegah.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Beragam jenis jeruk terkenal akan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan yang meningkatkan daya tahan tubuh. Khasiat ini dibuktikan dengan peningkatan produksi sel darah putih dalam penelitian laboratorium.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C jeruk limau mampu merangsang produksi kolagen. Satu jeruk nipis berukuran sedang menyediakan lebih dari 20 persen kebutuhan nutrisi tersebut. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 4.000 wanita menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin C lebih banyak mampu mengurangi keriput dan kulit kering akibat bertambahnya usia. Antioksidannya yang tinggi juga membantu memerangi perubahan kulit terkait usia.

Mencegah batu ginjal

Batu ginjal terbentuk ketika urine mengandung zat tertentu ketimbang cairan. Ketika tidak dikeluarkan, zat akan menumpuk dan lama kelamaan membatu di dalam ginjal. Jeruk limau mengandung asam sitrat yang cukup tinggi. Zat tersebut mampu mencegah batu ginjal dengan mengikat mineral-mineral dalam urine.

Meningkatkan penyerapan zat besi

Zat besi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel darah merah. Kekurangan zat ini menempatkan kamu pada anemia defisiensi besi alias kekurangan zat besi. Lagi-lagi kandungan vitamin C jeruk nipis dapat mengatasi persoalan ini. Vitamin tersebut membantu penyerapan zat besi lebih optimal.

Populer video

Berita lainnya