Hati-hati! Ini Dampaknya Suka Mengonsumsi Bir Setiap Hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Minum Bir
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin ada dari kalian yang terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol seperti bir. Apalagi jika aktivitas tersebut dilakukan bersama teman-teman dekat. Namun sayangnya, minuman ini dapat membuat seseorang jadi ketergantungan. Bahkan tidak sedikit orang dewasa yang memiliki keinginan untuk minum bir setiap harinya.

Nyatanya, bir tak hanya dapat menimbulkan ketergantungan. Mengonsumsi bir setiap hari dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa dampak mengonsumsi bir setiap hari bagi tubuh Anda.

Meningkatkan risiko berbagai penyakit

Mengonsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko perkembangan penyakit kronis dan masalah serius seperti:

  • Tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, penyakit hati, dan masalah pencernaan.
  • Beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, mulut, tenggorokan, kerongkongan, kotak suara, hati, usus besar, dan rektum.
  • Melemahnya sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kemungkinan sakit.
  • Masalah belajar dan memori, termasuk demensia dan kinerja sekolah yang buruk.

Perut jadi buncit

Bir memang mengandungan alkohol yang rendah, tapi memiliki kalori yang sangat tinggi. Setidaknya, satu pint bir dapat mengandung 150 kalori. Sementara kalori pada minuman beralkohol berbeda dengan kalori yang berasal dari makanan. Sebab, kalori minuman beralkohol akan langsung mengarah ke bagian tengah tubuh, yakni perut.

Walhasil, mengonsumsi bir setiap harinya lebih dari satu botol dapat menyebabkan akumulasi lemak di perut, yang sulit dihilangkan. Hal ini pada akhirnya akan berujung pada beer belly atau perut buncit akibat bir.

Memicu masalah mental

Ketergantungan bir nyatanya juga dapat berdampak pada masalah mental. Pasalnya, minum alkohol dalam jangka panjang dapat menyebabkan kecemasan dalam beberapa kasus. Bahkan jika mengonsumsi minuman beralkohol untuk membantu menenangkan pikiran.

Menurunkan kualitas kehidupan sosial

Konsumsi bir setiap hari secara berlebihan dapat berdampak pada penurunan kualitas dan produktivitas kehidupan sosial. Sebab, mengonsumsi bir secara berlebihan setiap harinya dapat menyebabkan mabuk. Sehingga, ketika seseorang mabuk akan berpotensi mengalami hangover atau pengar, ketika bangun di keesokan harinya.

Selain itu, mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan, juga dapat memperburuk insomnia. Hal ini pada akhirnya dapat menghambat produktivitas dan kehidupan sosial seseorang.

Populer video

Berita lainnya