Begini Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Perlu Anda Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mata
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – sebagai indra penglihatan, mata memiliki peran penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi siapa saja untuk selalu mejaga kesehatan mata.

Meskipu  fungsi mata dapat menurun seiring pertambahan usia, Anda tetap bisa melakukan berbagai cara menjaga kesehatannya. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi risiko dan mencegahnya dari berbagai penyakit mata. Melansir laman Alodokter, berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan mata.

Periksa secara rutin

Setiap orang dianjurkan memeriksakan mata secara rutin setidaknya 2 tahun sekali. Orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 40 tahun, bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali.

Hal ini bertujuan mencegah terjadinya penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti degenerasi makula, glaukoma, serta katarak. Melalui pemeriksaan mata, dokter dapat memantau kondisi mata dan mendeteksi masalah pada mata akibat penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Konsumsi makanan bergizi

Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3. Beberapa nutrisi itu diketahui dapat menangkal masalah mata terkait usia, misalnya katarak dan degenerasi makula.

Anda dapat memperoleh berbagai nutrisi itu sebagai cara menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi sayuran hijau, ikan, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

Hindari penggunaaan gadget terlalu lama

Menatap layar komputer atau ponsel terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah. Gejalanya bisa berupa sakit kepala, nyeri leher, nyeri bahu dan punggung, mata kering, serta pandangan menjadi kabur.

Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, istirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan selama 20 detik setiap 20 menit sekali. Anda juga disarankan mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali.

Hindari paparan sinar ultraviolet

Mata perlu dilindungi dari efek berbahaya sinar ultraviolet. Imi karena mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet lebih berisiko mengalami katarak, degenerasi makula, pinguecula, bahkan kanker mata.

Sebagai salah satu cara menjaga kesehatan mata, disarankan untuk memakai kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari sinar UVA dan UVB, atau menggunakan topi bertepi lebar saat beraktivitas di siang hari.

Hentikan kebiasaan merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang menyebabkan kebutaan pada salah satu atau kedua mata. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok mulai sekarang juga untuk menjaga kesehatan.

Hati-hati saat menggunakan make up

Make up berbentuk cairan atau krim umumnya rentan menjadi tempat pertumbuhan bakteri bila penggunaannya kurang higienis. Maka itu, pastikan selalu menggunakan kuas yang bersih dan telah dicuci, setiap kali menggunakannya.

Selain itu, pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih sebelum dan setelah memakai make up. Jika mengalami iritasi atau infeksi mata ketika mengenakan make up, hapus riasan dan segera periksakan diri ke dokter.

Rutin olahraga

Sebuah penelitian mengungkapkan olahraga secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit mata, bahkan hingga menurunkan risiko kehilangan penglihatan.

Olahraga rutin akan menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah sehingga terhindar dari tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi, yang merupakan beberapa faktor risiko terjadinya penyakit mata. Sebagai cara menjaga kesehatan mata, lakukan olahraga secara teratur setidaknya 30 menit per hari.

Populer video

Berita lainnya