Meski Segar, Ini Bahayanya Konsumsi Minuman Bersoda Setiap Hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bahaya Minum Soda Setiap Hari
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Minuman bersoda atau air berkarbonasi banyak disukai karena memiliki sensasi menyegarkan. Namun di balik kesegarannya ternyata ada bahaya jika minuman bersoda dikonsumsi secara berlebihan.

Soda terbuat dari air biasa yang melalui proses karbonasi atau proses pencampuran karbon dioksida dengan tekanan tinggi. Sodabiasanya mengandung air berkarbonasi dan pemanis buatan. Banyak kandungan dalam soda yang berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi setiap hari. Dilansir dari laman halodoc, ini yang akan terjadi jika seseorang mengonsumsi soda setiap hari.

Obesitas

Minuman soda yang kamu pikir dapat dikonsumsi sebagai minuman diet untuk mencegah kenaikan berat badan, hal tersebut merupakan mitos belaka. Pasalnya, soda bebas gula yang kamu konsumsi sebagai minuman diet ternyata mengandung gula 200-600 kali lipat lebih banyak. Hal ini tentu akan membuat lemak di perut kamu menumpuk sebanyak tiga kali lipat.

Kekurangan Vitamin

Minuman bersoda memiliki kandungan asam folat yang dapat menguras kalsium yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, soda juga dapat memengaruhi penyerapan vitamin D dari makanan dan minuman yang dikonsumsi tubuh. Jika dikonsumsi setiap hari, minuman berkarbonasi ini akan menyebabkan lemahnya tulang, hipertensi, serta osteoporosis.

Selain itu, soda juga bereaksi dengan menolak susu yang dikonsumsi. Susu sendiri kaya akan vitamin D dan kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk tulang dan mencegah terjadinya penyakit. Jika hal ini terus-menerus terjadi, akan berbahaya bagi perkembangan anak-anak yang sedang dalam tahap pertumbuhan.

Kerusakan Gigi

Sering minum minuman bersoda bisa menyebabkan gigi berlubang akibat kadar gula yang tinggi dan sirup fruktosa di dalamnya. Soda juga dapat menyebabkan terkikisnya enamel gigi, karena sifat asamnya yang tinggi. Hal ini dapat terjadi karena gula dalam soda berinteraksi dengan bakteri di dalam mulut dan membentuk asam.

Mengidap Penyakit Kronis

Selain menyebabkan obesitas, minum soda setiap hari juga akan meningkatkan risiko seseorang mengidap sindrom metabolik, gangguan kadar gula darah, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Parahnya lagi, wanita yang mengkonsumsi lebih dari satu kaleng minuman bersoda memiliki risiko lebih tinggi mengidap diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular kronis, serta tekanan darah tinggi.

Mengidap Kanker

Minuman bersoda mengandung bahan kimia berbahaya benzena yang dapat menyebabkan kanker. Benzena sendiri akan terbentuk ketika asam benzoat bercampur dengan asam askorbat dan logam seperti besi atau tembaga. Bercampurnya bahan-bahan berbahaya ini akan menyebabkan reaksi kimia dan terbentuklah benzena, yaitu bahan kimia penyebab kanker.

Populer video

Berita lainnya