Cara Efektif Meredakan Hidung Tersumbat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Hidung Mampet
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Hidung tersumbat tentu sangat mengganggu keseharian Anda. Mulai dari menyantap makanan yang tidak terasa nikmat, mengenali aroma tertentu, hingga bernapas pun menjadi tidak lega.

Ada beberapa hal yang dapat memicu hidung tersumbat seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor, serbuk sari, bahkan udara dingin. Namun sebagian kondisi, hidung tersumbat bisa mengarah pada kondisi kesehatan. 

Namun tak perlu khawatir. Ada cara rumahan yang bisa membantu Anda mengatasi hidung tersumbat. Melansir laman Hallosehat, simak penjelasan berikut ini.

Minum air putih atau jus

Penuhi kebutuhan cairan untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. Anda bisa minum banyak air putih atau jus buah guna membantu mengurangi hidung tersumbat. Di samping itu, hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Kandungan kedua minuman tersebut dapat mengakibatkan dehidrasi, terutama pada area saluran hidung.

Istirahat cukup

Kondisi kesehatan bisa menjadi salah satu penyebab hidung tersumbat. Salah satu cara untuk membantu mengatasi hidung tersumbat adalah dengan istirahat cukup. Selama tidur, sistem imun membantu memulihkan kondisi tubuh, terutama yang terkait dengan sakit flu dan batuk yang memicu sinusitis. 

Saat tidur, jangan lupa untuk menyangga kepala dengan bantal agak tinggi. Dengan begitu, Anda bisa bernapas lebih nyaman.

Pasang humidifier

Coba rasakan apakah udara di dalam ruangan terasa kering. Jika ya, ada baiknya memasang humidifier untuk membantu melembapkan ruangan. Udara yang lembap dapat membantu pembukaan jalur napas dan membantu Anda bernapas lebih lega tanpa tersumbat.

Kompres hidung dengan air hangat

Anda bisa mengompres hidung dengan handuk yang dibasahi air hangat selama beberapa menit. Air hangat membantu melegakan jalur napas pada hidung yang tersumbat. Kompreslah hingga jalur hidung terasa lebih lega.

Jika terasa nyeri ketika hidung lega, lanjutkan mengompres dengan air biasa guna meredakan nyeri pada sinus atau area jalur hidung.

Mandi dengan air hangat

Mandi air hangat membuat tubuh jadi lebih rileks. Tidak hanya itu, mandi air hangat bisa mendorong mukus di dalam hidung lebih encer sehingga Anda bisa bernapas dengan lega. 

Mandilah secara rutin dengan air hangat setiap kali Anda mengalami hidung tersumbat, sekaligus melakukan cara-cara di atas untuk membuka jalur pernapasan lebih lega.

Populer video

Berita lainnya