Simak Manfaat Daun Seledri yang Perlu Anda Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Daun Seledri
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Seledri merupakan sayuran yang termasuk bagian famili Apiaceae. Sayuran ini dikenal memiliki tangkai yang renyah dan bisa dipilih sebagai camilan rendah kalori. Menariknya, serat dalam seledri bermanfaat untuk fungsi sistem pencernaan dan kardiovaskular. Seledri juga mengandung antioksidan yang mungkin berperan dalam mencegah beberapa penyakit.

Meskipun kandungan nutrisi dalam seledri relatif kecil, namun sayuran ini memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Melansir laman halodoc, simak manfaat seledri untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Mendukung kesehatan jantung

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, seledri juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Termasuk potasium dan kalsium, yang penting untuk kesehatan jantung. Seledri juga mengandung folat dan vitamin K, keduanya diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan pembekuan darah yang efektif. Menjalani pola makan dengan sumber makanan berserat seperti seledri, bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Mendukung fungsi pencernaan

Seledri merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang baik, yang penting untuk fungsi pencernaan. Kandungan fitonutrien juga bermanfaat untuk melindungi mukosa pencernaan, dan dapat mencegah tukak lambung.

Mengontrol tekanan darah

Sebuah studi yang dilansir dari PubMed Central, melihat efek ekstrak biji seledri pada tekanan darah tikus yang memiliki tekanan darah normal atau hipertensi buatan. Peneliti pada studi tersebut menyimpulkan ekstrak seledri dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan detak jantung pada tikus dengan tekanan darah tinggi. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut bagaimana seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah pada manusia.

Meredakan hiperlipidemia

Hiperlipidemia mengacu pada peningkatan molekul lemak dalam darah. Kondisi ini sering kali tidak bergejala, tapi dapat meningkatkan risiko jangka panjang penyakit jantung dan stroke.

Meningkatkan kontrol gula darah

Dengan indeks glikemik yang rendah dan kandungan serat yang tinggi, seledri bermanfaat bagi mereka yang perlu memantau kadar gula darahnya. Studi juga menunjukkan bahwa cara ini juga efektif untuk mengurangi kadar glukosa darah.

Populer video

Berita lainnya