HUT RI, Berikan Apresiasi Anda Kepada Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Proses Belajar Mengajar
Foto: Dok. Putera Sampoerna Foundation

Celebrithink.com – Peran guru dalam hidup tak jarang kita anggap sewajarnya ada. Sehingga dedikasi dan pengorbanannya sebagai pendidik cenderung dilupakan dan kurang dihargai. Padahal, karena peran guru kita menjadi tahu. Bahkan jasa-jasanya pun tak akan pernah terbalas. Itu sebabnya kita kenal dengan sebutan pahlawan tanpa tanda jasa.

Sehingga sudah sepatutnya kita menghargai dan mengapresiai jasa para guru. Terlebih di tengah pandemi COVID-19 saat ini. dimana banyak tantangan yang dihadapi guru. Pasalnya, sistem pembelajaran online menuntut guru-guru untuk cepat beradaptasi berpindah ke platform digital, merancang kurikulum dan strategi pengajaran yang berbeda, agar proses belajar mengajar berjalan lancar.

Dalam nuansa hari kemerdekaan ini, mari kita berikan apresiasi kepada para guru. Setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan apresiasi kita kepada guru, seperti dikutip dari siaran pers Putera Sampoerna Foundation.

Berikan kabar baik kepada guru

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengapresiasi guru adalah dengan memberikan kabar baik anda melalui telepon. Bagi seorang guru mendengar anda sedang dalam keadaan baik-baik saja menjadi sebuah kebahagiaan bagi guru. Ada baiknya anda juga menunjukan kepedulian dengan kembali menanyakan kabar mereka.

Kirimkan ucapan terima kasih yang bermakna

Jika bertukar kabar melalui telepon dirasa belum cukup untuk mengapresiasi jasa guru, kirimkan pesan singkat yang bermakna dapat menjadi solusi. Dalam pesan singkat tersebut dapat anda sisipkan ucapan terima kasih atas ilmu yang pernah mereka bagikan. Ada baiknya jika anda mengirimkan pesan menggunakan kata-kata yang dipersonifikasi, agar pesan yang disampaikan terlihat lebih tulus dan bermakna.

Mengirim hadiah di momen tertentu

Jika masih mengingat hari ulang tahun guru anda, tidak ada salahnya mengirimkan makanan atau hadiah kepada mereka sebagai bentuk apresiasi. Anda juga dapat memanfaatkan momen lainnya seperti hari guru atau hari besar keagamaan.

Bagikan kenangan indah bersama guru lewat medsos

Anda dapat membagikan foto dan kenangan dengan guru anda di sosial media. Agar lebih seru, gunakan juga fitur tag yang ada di sosial media kepada teman sekelas anda, dan minta mereka untuk membagikan pengalaman indah yang pernah dilewati bersama guru.

Tunjukan progress belajar anak kepada guru

Jika anda seorang wali murid, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengapresiasi guru adalah dengan menceritakan bagaimana perkembangan belajar anak anda yang signifikan. Dengan begitu, anda sudah menghargai kerja keras guru selama ini, jangan lupa juga untuk menyisipkan kata terima kasih sebagai bentuk apresiasi kepada guru.

Populer video

Berita lainnya