Ini Penganti Gula yang Alami dan Sehat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mengurangi Konsumsi Gula
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Penderita diabetes atau orang yang ingin menurunkan berat badan biasanya menggunakan alternatif lain untuk mengganti gula sebagai pemanis makanan atau minuman.

Namun, tidak semua pengganti gula bersifat alami. Banyak pengganti gula yang tergolong sebagai pemanis buaran. Jika terlalu sering dikonsumsi, justru bisa meningkatkan risiko terjadinya kelebihan berat badan, hipertensi, dan penyakit jantung.

Bila Anda sedang mencari pengganti gula alami dan sehat, ada baiknya memilih produk berikut ini, seperti dilansir dari laman Alodokter.

Madu

Madi dapat digunakan sebagai alternatif pengganti gula yang lebih sehat, karena kadar gula darah tidak langsung meningkat setelah dikonsumsi. Madu juga kaya akan polifenol. Zat ini mampu menjaga kesehatan jantung, mengendalikan kadar gula darah, dan menurunkan risiko terkena kanker.

Namun perlu berhati-hati saat menambahkan madu ke dalam makanan atau minuman. Sebab, madu masih tergolong tinggi kalori, yang bila dikonsumsi berlebihan justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Kurma

Tidak hanya rasa manis, kurma menawarkan beragam nutrisi, seperti serat, vitamin B6, kalium, magnesium, dan mangan, serta senyawa antioksidan berupa karotenoid dan polifenol. Kurma juga tergolong tinggi kalori, yaitu 23 kalori per buah, dan gula alami.

Meski tinggi gula alami, buah ini tidak langsung memengaruhi kadar gula darah. Anda bisa menggunakan kurma sebagai pengganti gula dalam kudapan manis, misalnya kue kering atau smoothies.

Stevia

Stevia merupakan pemanis yang diekstraksi dari daun tanaman Stevia rebaudiana. Rasa manis tanaman ini berasal dari senyawa stevioside dan rebaudioside A.

Meski manis, stevia tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah, sehingga dinilai lebih sehat untuk penderita diabetes. Stevia juga tidak mengandung kalori sama sekali, sehingga aman bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Xylitol

Xylitol termasuk pengganti gula yang alami karena berasal dari buah-buahan atau sayuran, seperti stroberi, rasberi, atau kembang kol. Kalorinya cukup rendah, yaitu hanya 2,4 kalori per 1 gram xylitol.

Rasa manisnya mirip dengan gula pasir, tetapi jauh lebih sehat karena tidak menyebabkan kerusakan gigi dan tidak memengaruhi kadar gula darah maupun fungsi hormon insulin. Namun, sebaiknya xylitol tidak dikonsumsi secara berlebihan karena bisa menyebabkan efek samping, seperti perut kembung dan diare.

Lo han kuo

Lo han kuo terkenal sebagai buah bercita rasa manis yang berasal dari Cina bagian Selatan. Manisnya buah ini bahkan 150–200 kali lebih manis daripada gula pasir. Buah lo han kuo ini bebas kalori dan karbohidrat, bahkan mampu mengendalikan kadar gula dalam darah.

Allulose

Allulose merupakan gula yang secara alami terdapat pada buah-buahan, seperti buah tin dan kismis. Manisnya 70% menyerupai gula, tetapi sangat rendah kalori, yaitu 0,2 kalori per gram. Oleh karena itu, allulose cocok untuk kamu yang baru mulai program penurunan berat badan.

Populer video

Berita lainnya