Ketahui Manfaat Nanas untuk Kesehatan yang Sayang jika Dilewatkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Nanas
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Nanas merupakan buah tropis yang seringkali dijumpai di berbagai musim. Karena rasanya yang lezat, buah ini seringkali digunakan untuk campuran masakan hingga dijadikan selai.

Selain itu, nanas juga kaya akan kandungan vitamin dan gizi. Dalam satu potongan nanas seberat 165 gram mengandung serat 2,3 gram dan lemak 1,7 gram. Dalam ukuran yang sama, nanas juga memiliki kandungan vitamin C sebesar 131 persen kebutuhan harian tubuh, mengan, tembaga, folat, kalium, magnesium, niasin, zat besi, dan vitamin A.

Tak heran jika nanas memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Berikut ini manfaat nanas untuk kesehatan, yang sayang jika dilewatkan.

Mengurangi bengkak dan nyeri

Nanas mengandung bromelain yang dapat membantu mengurangi bengkak dan nyeri setelah operasi, terutama operasi gigi. Enzim yang terkandung dalam nanas ini tak hanya baik untuk saluran cerna, tetapi juga dapat meredakan bengkak, memar dan nyeri, baik cedera otot maupun radang sendi.

Mencegah flu

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas, membuat buah yang satu ini baik untuk meningkatkan imunitas, sehingga tak mudah sakit. Dengan terpenuhinya asupan vitamin C setiap harinya, daya tahan tubuh akan meningkat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Flu salah satunya.

Melancarkan pencernaan

Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain. Enzim ini berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein, seperti menjadi asam amino dan peptida.

Mengurangi risiko kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nanas dan senyawanya dapat menurunkan risiko kanker. Ini karena manfaat buah nanas dapat meminimalkan senyawa oksidatif dan mengurangi peradangan.

Salah satunya adalah kelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain. Studi telah menunjukkan bahwa bromelain juga dapat membantu melawan kanker.

Menu diet

Nanas memiliki rasa asam manis sehingga cocok untuk tambahan makanan. Harga nanas juga sangat terjangkau dan tersedia sepanjang tahun di pasar. Buah ini juga mudah ditemukan dalam keadaan segar maupun kalengan.

Mencegah penuaan dini

Radikal bebas berlebih dalam tubuh dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini di kulit. Kondisi itu ditandai dengan kulit keriput dan flek hitam. Guna mencegah penuaan kulit akibat radikal bebas, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti nanas madu. 

Populer video

Berita lainnya