Manfaat Stress Ball untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Stress ball digunakan sebagai alat terapi untuk mengelola stres dan kecemasan. Stress ball beruukuran sebesar kepalan tangan, sehingga mudah digenggam dan dapat kembali ke bentuk semula setelah diremas.

Untuk mendapatkan manfaat dari benda yang satu ini cukup mudah. Anda hanya perlu meremas bola tu secara berulang. Melansir laman Alodokter, berikut beberapa manfaat stress ball untuk kesehatan.

Meredakan stres dan kecemasan

Stress ball bermanfaat untuk meredakan stres, kecemasan, maupun rasa pabik. Semua kondisi ini terjadi akibat masalah yang membebani pikiran, serta memengaruhi produksi hormon stres dan kerja sistem saraf. Pada akhirnya, tubuh bisa merasakan tegang.

Mengalihkan pikiran buruk

Dengan meremas bola secara berulang, pikiran buruk terkait masalah dapat teralihkan sejenak sehingga sistem saraf menjadi lebih rileks dan ketegangan tubuh selama stres bisa perlahan mereda.

Meningkatkan konsentrasi

Selain mengurangi stres, stress ball juga dapat dijadikan sebagai media untuk meningkatkan konsentrasi. Studi yang dilakukan pada 29 siswa SD menunjukkan bahwa stress ball dapat meningkatkan konsentrasi siswa ketika belajar.

Memperkuat otot pergelangan tangan

Gerakan meremas atau mencengkeram bola mampu memperkuat otot di sekitar sendi pergelangan tangan dan jari. Sebuah studi menyatakan bahwa kambuhnya radang sendi pada pergelangan tangan bisa mereda jika seseorang rutin meremas stress ball.

Mengatasi nyeri sendi

Stress ball dapat digunakan untuk mengatasi nyeri sendi, salah satunya akibat carpak tunnel syndrome. Gerakan meremas bola dapat meningkatkan kekuatan jari tangan yang dinilai mampu meredakan nyeri berulang pada sendi di tangan.



Populer video

Berita lainnya