Waspada! Kebiasaan Sepele Ini Bisa Merusak Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cuci Tangan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Melakukan hal yang sama berulang kali, akan menjadi sebuah kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Tanpa mengetahui dampak yang akan terjadi pada tubuh, kita seringkali menyepelekannya kebiasaan itu begitu saja. Berikut ini beberapa kebiasaan yang sangat sepele namun memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan.

Menyimpan dompet di saku belakang celana

Sebaiknya hentikan kebiasaan menyimpan dompet di saku belakang celana. Sebab, ketika Anda duduk dengan keadaan dompet berada di saku belakang celana, hal tersebut dapat menyebabkan bokong menjadi tidak rata dan memicu nyeri punggung bagian bawah, nyeri pinggul, bahkan rasa sakit di punggung bagian atas atau bahu.

Kehadiran dompet di saku belakang juga bisa mengiritasi saraf yang berada di punggung dan kaki bagian bawah. Kondisi ini biasanya disebut “fat wallet syndrome” atau “wallet sciatica”.

Memegang hidung saat bersin

Memegang hidung saat bersin dapat menyebabkan tekanan udara yang seharusnya dikeluarkan kembali ke sinus atau bagian belakang hidung melalui mulut dan tenggorokan. Akibatnya, gendang telinga dan telinga bagian dalam akan mengalami kerusakan. Bahkan jika hal tersebut terjadi, pembuluh darah di area seperti dada, tenggorokan, mata, dan otak, dapat pecah.

Makan sebelum tidur

Istilah ‘tidak bisa tidur sebelum kenyang’ merupakan salah satu kebiasaan sepele yang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian, waktu makan malam yang berdekatan dengan waktu tidur berhubungan erat dengan meningkatnya risiko GERD atau masalah lambung. Jika Anda merasa sakit perut saat tidur setelah makan, cobalah menopang kepala agar lebih tinggi dengan bantal.

Mencuci tangan dengan air yang terlalu panas

Mencuci tangan dengan air terlalu panas bisa mengupas minyak alami pada kulit dan menyebabkan tangan menjadi tempat yang sangat cocok bagi serangga atau bakteri kulit berkembang biak. Air yang terlalu panas juga bisa membunuh bakteri baik di area tangan yang dapat melawan infeksi.

Menggunakan pengering tangan

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan jika pengering tangan di toilet umum juga meniupkan kuman feses ke tangan saat digunakan. Berdasarkan penelitian tersebut, terdapat banyak jenis bakteri, seperti patogen dan spora potensial, yang tersimpan di pengering tangan kamar mandi. Untuk itu, sebaiknya cukup keringkan tangan kamu menggunakan tisu atau handuk tangan khusus.

Tidak mencuci muka sebelum tidur

Banyak orang yang masih malas mencuci muka mereka sebelum tidur akibat merasa sudah sangat lelah dan ingin segera tidur. Padahal, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan muka menjadi rusak akibat kotoran, polusi, serta makeup yang menumpuk pada wajah dan menutupi pori-pori.

Populer video

Berita lainnya