Begini Cara Merawat Rambut Kering

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menghilangkan Kutu Rambut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Masalah rambut kering biasanya ditandai dengan rambut terlihat kusam, tidak berkilau, mudah kusut atau sulit diatur. Rambut kering bisa terjadi saat kukit kepaka tidak memproduksi cukum minyak untuk melembapkan, atau ketika lapisan pelindung rambut (kutikula) mengalami kerusakan.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan rambut kering. Mulai dari faktor usia, kondisi lingkungan, perawatan rambut yang terlalu berlebihan, hingga kondisi medis tertentu.

Rambut kering umumnya dapat ditangani dengan mengubah cara merawat rambut. Melansir laman Alodokter, berikut ini cara merawat rambut kering yang bisa Anda praktikkan.

Hindari kebiasaan mencuci rambut setiap hari

Diisarankan untuk mencuci rambut cukup 2 hari sekali, atau setiap kali rambut terasa berminyak dan lepek. Saat mencuci rambut, gunakan sampo dan kondisioner yang dapat melembapkan rambut. Produk itu umumnya sudah dibuat khusus untuk rambut kering.

Pakai masker rambut

Guna menutrisi rambut dan kulit kepala, Anda bisa gunakan masker rambut berbahan alami seperti minyak zaitun, lidah buaya, atau pun minyak kelapa. Bahan-bahan tersebut dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan melembapkan rambut yang kering.

Hindari paparan panas

Hindari terlalu sering melakukan penataan rambut yang menggunakan suhu panas, misalnya dengan pengering, pengeriting, atau pelurus rambut.

Saat mandi, sebaiknya hindari pemakaian air panas yang terlalu sering. Setelah keramas, cukup keringkan rambut Anda menggunakan handuk, dengan cara menepuk-nepuknya pelan dan lembut.

Lindungi rambut dari sinar matahari

Guna memcegah terjadinya rambut kering,  hindari kebiasaan berjemur terlalu lama di bawah terik matahari. Apabila Anda harus melakukannya, biasakan untuk mengenakan pelindung rambut, seperti topi atau payung.

Hindari pemakaian produk rambut yang berbahan kimia keras

Rambut juga bisa kering karena terlalu sering terpapar bahan kimia keras, seperti alkohol, pewangi, atau pewarna. Oleh karena itu, Anda perlu cermat memilih produk perawatan rambut. Hindari produk rambut mengandung isopropyl alcohol, propyl alcohol, propanol atau SD alcohol 40.

Populer video

Berita lainnya