Ini Manfaat Mengonsumsi Anggur Merah untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Selain menyegarkan, anggur merah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat itu berkat kandungan yang terdapat di dalam kulit, buah hingga bijinya.

Dalam 100 gram anggur merah, atau sekitar 21 buah, terkandung 30 kalori dan beberapa nutrisi lainnya seperti, 7 gram karbohidrat, 39 gram kalsium, 1 gram serat, 12 miligram fosfor dan 3 miligram vitamin C.

Selain itu, anggur merah mengandung vitamin B1 dan vitamin K. Selain antosianin dan resveratrol, anggur merah juga mengandung antioksidan lain  seoerti flavonoid dan polifenol. Melansir laman Alodokter, berikut ini manfaat anggur merah untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang didapat melalui mengonsumsi anggur merah, meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, kekebalan tubuh menjadi kuat dan mampu menangkal berbagai penyakit.

Mencegah keriput kesehatan kulit

Kolagen di dalam tubuh bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat, lembap, dan cerah. Namun seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kolagen sehingga menyebabkan timbulkan keriput.

Untuk memenuhi kebutuhan kolagen, konsumsi makanan berkolagen dan yang mengandung vitamin C perlu dilakukan. Salah satu makanan kaya akan vitamin C yang bisa dikonsumsi adalah anggur merah.

Kandungan vitamin C dalam buah anggur merah dapat membantu tubuh memproduksi kolagen guna menjaga kesehatan kulit dan mencegah terjadinya keriput.

Menurunkan kolesterol

Kandungan antosianin dalam anggur merah efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat LDL, menaikkan kadar kolesterol baik HDL, serta mencegah peningkatan tekanan darah. Berbagai manfaat anggur merah tersebut efektif menurunkan kolesterol.

Mencegah obesitas

Obesitas dapat menyebabkan komplikasi, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker usus. Oleh karena itu, Anda disarankan rutin berolahraga, menghindari minuman bersoda, dan mengonsumsi buah sebagai camilan sehat.

Salah satu buah yang direkomendasikan adalah anggur merah. Buah ini tergolong rendah kalori dan tinggi serat. Dengan mengonsumsi anggur sebagai camilan, Anda tidak perlu khawatir berat badan akan naik.

Mengontrol gula darah

Kandungan polifenol dalam anggur merah juga dapat mengontrol gula darah. Polifenol dapat merangsang hormon insulin untuk bekerja secara efektif dalam mengubah glukosa menjadi energi dan menurunkan resistensi insulin. Hasilnya, tubuh dapat mempertahankan kadar gula darah normal.

Meningkatkan kualitas tidur

Selain diproduksi oleh tubuh, melatonin juga terkandung dalam anggur merah. Zat ini bertugas mengatur jam bangun tidur, serta membuat Anda tidur lebih lelap. Oleh karena itu, manfaat anggur merah juga dapat dirasakan oleh penderita insomnia.

Populer video

Berita lainnya