Kenali dan Hindari Beberapa Hal yang Bisa Merusak Kulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Efek sinar ultraviolet (UV) matahari bisa menyebabkan flek hitam, kulit bersisik, hingga kanker kulit. Selain itu, kulit juga menjadi lebih sensitif dan daya tahannya berkurang, sehingga rentan terhadap efek polusi maupun bahan kimia yang digunakan sehari-hari.

Karenanya, hindari hal-hal yang bisa merusak kondisi dan daya tahan kulit, di samping perlu perlindungan yang maksimal terhadap sinar UV. Melansir laman Alodokter, kenali dan hindari hal-hal yang bisa merusak kulit, agar kulit sehat dan Anda bisa beraktivitas dengan bebas di luar ruangan tanpa takut matahari.

Sinar UV

Sinar UV dibutuhkan tubuh untuk memproduksi vitamin D. Namun, terpapar sinar UV secara berlebihan justru dapat merusak sel kulit. Hal tersebut dapat membuat kulit menjadi terbakar (sunburn), menyebabkan keriput dan flek hitam, hingga meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Polusi

Polusi membuat kulit kehilangan kelembapan, sehingga menjadi kering. Kondisi ini juga akan mempermudah munculnya keriput. Selain itu, paparan polusi juga memicu kulit memproduksi lebih banyak minyak (sebum). Walhasil, kulit menjadi kusam, berkomedo, serta menimbulkan jerawat.

Asap rokok

Merokok dapat membuat pembuluh darah menyempit, sehingga suplai oksigen dan nutrisi ke kulit berkurang. Kandungan senyawa dalam rokok juga dapat menurunkan produksi kolagen dan elastin, yang berfungsi untuk menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit.

Kebiasaan merokok juga dapat memperlambat penyembuhan luka hingga meningkatkan risiko terkena psoriasis maupun kanker kulit.

Bahan kimia

Kerusakan kulit bisa disebabkan kandungan bahan di dalam produk perawatan kulit, yang dapat memicu iritasi dan alergi. Beberapa bahan kimia itu antara lain paraben, formaldehida, phthalate, dan oxybenzone.

Pengelupasan kulit berlebihan

Eksfoliasi perlu dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit agar kulit tidak kusam. Tapi, eksfoliasi secara berlebihan justru dapat merusak kulit, membuat kulit lebih sensitif, dan menurunkan daya tahan kulit terhadap radiasi sinar UV.







Populer video

Berita lainnya