Anti Repot! Begini Cara Mudah Merawat Gigi dan Gusi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sikat Gigi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kesehatan mulut perlu dijaga dengan baik. Jika tidak dirawat dengan tepat, gusi akan mengalami gangguan dan memengaruhi bagian lain dari mulut.

Berbagai gangguan kesehatan yang menyerang gusi biasanya bermula dari penumpukan plak. Penumpukan plak tidak hanya bisa bersarang di gigi, melainkan juga di bagian gusi.

Bahkan, jika penyebaran bakteri masuk ke jaringan gigi, semakin memunculkan gangguan gusi yang lebih parah, seperti periodontitis. Jika hal ini terjadi, gejala lanjutan bisa muncul dan semakin mengganggu kesehatan mulut seperti bau mulut hingga munculnya nanah di bawah gusi.

Karenanya penting untuk menjaga dan merawat kesehatan gusi dengan tepat. Melansir laman Hellosehat, terapkan kebiasan sederhana berikut ini, guna mencegah berbagai masalah yang dapat menyerang gusi dan mengganggu kesehatan mulut.

Konsumsi makanan tinggi serat

Asupan tinggi serat nyatanya tak hanya baik bagi pencernaan, tetapi juga dapat memberi pengaruh baik bagi kesehatan gusi. Asupan yang mengandung tinggi serat seperti buah dan sayur, memiliki kemampuan self cleansing alami pada plak gigi yang dapat membantu menghindarkan gusi dari peradangan.

Selain itu, makanan tinggi serat juga dapat meningkatkan stimulasi produksi air liur yang berperan menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut. Produksi air liur tersebut dapat membantu menetralisir kandungan asam penyebab kerusakan gusi.

Setop gunakan tusuk gigi

Banyak orang yang masih membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi menggunakan tusuk gigi. Kebiasaan ini tidak disarankan karena dapat meningkatkan risiko gusi terluka. Jika dilakukan terlalu sering dan tidak dengan cara yang tepat, luka pada gusi akan semakin rentan terjadi hingga menyebabkan gusi berdarah.

Memilih produk perawatan gigi yang tepat

Menerapkan kebiasaan sehat guna menjaga kesehatan gusi harus dimulai dengan memilih produk perawatan gigi yang tepat. Seperti sikat gigi dan pasta gigi yang Anda gunakan.

Pilih produk pasta gigi yang berfluoride dan memiliki kandungan zinc citrate yang dapat membunuh bakteri dalam mulut sehingga gusi lebih sehat.

Berhenti merokok

Guna menjaga kesehatan gusi, mulai sekarang setop merokok. Pasalnya, merokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang bisa membuat tubuh lebih sulit melawan infeksi gusi. Akibatnya, gusi lebih rentan mengalami gangguan dan cenderung sulit disembuhkan.

Rutin melakukan flossing

Flossingadalah sebutan untuk membersihkan gigi dengan menggunakan benang atau dental floss. Kegiatan ini sangat disarankan untuk dijadikan sebagai salah satu perawatan gigi rutin selain menggosok gigi karena dapat menjaga gusi agar tetap sehat.

Membersihkan gigi dengan benang dapat membantu menghilangkan plak dan makanan yang berada di luar jangkauan sikat gigi.

Populer video

Berita lainnya