Cara Ampuh Mencegah Rambut Rontok

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Rambut rontok merupakan hal wajar yang dialami banyak orang. Sebab, normalnya Anda akan kehilangan rambut sekitar 100 helai dalam sehari, yang menjadi siklus dari pertumbuhan rambut.

Namun, ada banyak hal yang memperparah kerontokan rambut. Guna mengatasi kondisi ini biasanya dilakukan dengan menggunakan sampo antirontok hingga menjalani terapi.

Sebenarnya beragam cara bisa dilakukan untuk mencegah rambut rontok. Melansir laman Alodokter, ikuti langkah-langkah berikut ini, untuk mencegah rambut rontok.

Gunakan Sampo Anti Rontok

Menggunakan sampo antirontok menjadi cara yang umum dilakukan, untuk mencegah rambut rontok. Namun Anda perlu memerhatikan saat memilih sampo untuk rambut rontok. Pilihlah sampo dengan kandungan bahan alami.

Memilih Gaya Rambut yang Tepat

Kebiasaan mengepang atau mengikat rambut terlalu kencang dapat  menyebabkan akar rambut tertarik dari kulit kepala. Hal ini dapat membuat rambut menjadi mudah rontok.

Selain itu, Anda disarankan menyisir rambut dengan benar. Pasalnya, protein rambut (keratin) banyak bertumpuk di akar rambut. Karenanya sisirlah rambut secara lembut dari atas sampai ke ujung rambut agar keratin tersebar secara merata.

Hindari Pewarna Rambut

Bahan kimia pada cat rambut daoat merusak keratin yang ada di rambut. Walhasil, rambut akan kehilangan kekuatannya, menipis, serta lebih rentan rusak saat terkena panas. Oleh karena itu, hindari pewarnaan rambut untuk mencegah kerontokan pada rambut.

Jangan Keramas Terlalu Sering

Keramas dapat menghilangkan minyak alami di rambut dan kukit kepala. Minyak alami itu berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut, kuat dan tidak mudah patah.

Maka dari itu, bagi Anda yang mengalami kerontokan rambut disarankan untuk tidak terlalu sering keramas. Setidaknya keramas 2-3 hari sekali, ketika rambut dan kulit kepala sudah lepek dan kotor.

Oleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat membantu mencegah kerusakan rambut akibat penataan dan paparan sinar ultraviolet (UV). Manfaat ini berkat kandungan asam laurat yang mampu mengikat protein pada rambut, dan melindugi akar maupun helai rambut dari kerusakan.

Memijat Kulit Kepala

Sebuah penilitian mengungkapkan, memijat kulit kepala dapat menjadi cara efektif untuk mencegah rambut rontok. Sebab, pijatan dapat melancarkan aliran darah di kulit kepala, sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menyehatkan kulit kepala.

Oleskan Lidah Buaya

Mengoleskan lidah buaya digunakan untuk mengembalikan kelembapan rambut dan kulit kepala, sehingg ranbut tidak mudah patah maupun rontok.

Manfaat ini diperoleh berkat vitamin A, vitamin C dan vitamin E pada lidah buaya, yang diyakini berperan dalam regenerasi sel rambut dan membuat rambut menjadi lebih lebat dan berkilau.

Cukupi Asupan Nutrisi

Selain mencegah dari luar, mengatadi kerontokan rambut juga bisa dilakukan dari dalam. Yakni dengan mengonsumsi makanan bergizi. Kekurangan nutrisi dapat berdampak buruk pada pertumbuhan rambut. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk mengurangi rambut rontok adalah protein, vitamin B, vitamin D, vitamin E, zat besi dan zinc.

Populer video

Berita lainnya