Catat! Ini Alasan Pentingnya Pemanasan Sebelum Berolahraga

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Olahraga Dumbell
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mugkin Anda sudah sering mendengar anjuran melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga. Meski menyadari hal itu penting dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik, sayangnya masih banyak yang justru mengabaikannya.

Padahal, tubuh butuh penyesuaian sebelum melakukan olahraga. Dengan pemanasan, tubuh menjadi tidak kaget ketika Anda menjalani aktivitas fisik. Sehingga risiko mengalami kram dan cedera ringan dapat diminimalisir.

Setidaknya, lakukan pemanasan selama 10-15 menit sebelum berolahraga. Melansir laman halodoc, berikut manfaat yang Anda rasakan jika melakukannya.

Mencegah Cedera

Pemanasan membuat otot lebih lentur dan tidak kaku. Sehingga, ketika melakukan gerakan-gerakan olahraga yang cukup ekstrem, Anda terhindar dari potensi otot kram, cedera atau bahkan sobek.

Otot robek merupakan cedera serius yang menyakitkan dan membutuhkan proses pemulihan yang cukup lama.

Melancarkan Peredaran Darah

Pemanasan yang dilakukan secara bertahap sebelum olahraga, bisa meningkatkan sistem kardiovaskular dengan menaikkan suhu tubuh dan meningkatkan aliran darah ke otot-otot.

Ketika aliran darah menjadi lebih lancar, suplai oksigen akan tersebar dengan baik ke seluruh tubuh, sehingga meningkatkan performa.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Pemanasan juga dapat menjaga tulang dan persendian, agar terhindar dari risiko cedera saat berolahraga. Kegiatan ini membantu meningkatkan cairan yang melumasi sendi, sehingga membuat sendi-sendi lebih licin dan fleksibel.

Mengurangi Asam Laktat pada Tubuh

Kegiatan olahraga meningkatkan asam laktat dalam tubuh. Jumlah asam laktat yang terlalu banyak akan menumpuk di dalam darah dan otot.

Meski tidak berbahaya, penumpukan asam laktat dapat menyebabkan nyeri otot dan rasa tidak nyaman selama berolahraga. Dengan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan sesudah berolahraga, dapat mengurangi kadar asam laktat di dalam tubuh.

Meningkatkan Mental dan Fokus

Pemanasan juga baik untuk meningkatkan kondisi mental dan fokus, agar berolahraga dengan maksimal, serta meningkatkan teknik dan keterampilan. Pemanasan bisa membuat fisik dan pikiran lebih rileks dan tenang, sehingga fokus lebih terjaga.

Populer video

Berita lainnya