Cara Efektif untuk Mengatasi Kecanduan Alkohol

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Minuman Beralkohol
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol dapat menimbulkan berbagai gangguan pada kesehatan. Terlebih jika sudah pada tingkat kecanduan, dimana orang yang mengalami akan terus minum alkohol tanpa mengenal situasi dan kondisi, serta tidak memedulikan konsekuensinya.

Pengaruh negatif kecanduan alkohol tak hanya dirasakan bagi yang mengonsumsinya, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Orang yang kecanduan alkohol juga lebih rentan mengalami kecelakaan saat berkendara. Oleh karena itu, kebisaaan ini harus dihentikan sebelum menimbulkan dampak yang sangat disesali.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar terbebas dari bahaya minuman beralkohol. Melansir laman alodokter, simak penjelasannya berikut ini.

Mencari support system

Support system atau dukungan dari orang terdekat, seperti keluarga atau sahabat, sangat penting bagi mereka yang mengalami berhenti dari kecanduan alkohol. Selain itu, perlu menjauhkan diri dari lingkaran sosial yang dapat menarik Anda untuk kembali minum alkohol.

Menerapkan pola hidup sehat

Anda dapat menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, mengelola stres, dan menerapkan pola tidur yang baik. Kebiasaan ini akan memudahkan Anda mengatasi kecanduan alkohol.

Melakukan kegiatan positif

Untuk mengatasi keinginan mengonsumsi minuman beralkohol, alihkan dengan melakukan kegiatan positif. Lakukanlah hobi atau aktivitas yang Anda sukai, seperti berkebun, memancing, atau membaca buku.

Selain itu, ketika merasa stres dan ingin mengonsumsi minuman beralkohol, coba tenangkan pikiran Anda dengan melakukan olahraga, meditasi, atau yoga. Cara-cara tersebut efektif untuk meredakan stres dan kecemasan.

Menjalani detoksifikasi

Detoksifikasi bertujuan untuk mengeluarkan alkohol dan zat beracun dari tubuh. Proses ini merupakan langkah penanganan pertama untuk bisa lepas dari kecanduan alkohol.

Dalam proses detoksifikasi, Anda akan merasakan gejala, seperti gemetar, kebingungan, halusinasi, hingga kejang. Namun, hal ini dapat dicegah dengan pemberian obat-obatan tertentu.

Menjalani konseling dan terapi perilaku

Program ini dapat membantu Anda mempelajari cara mengatasi dorongan untuk kembali minum minuman beralkohol. Ada beberapa jenis terapi perilaku yang bisa membantu Anda mengatasi kecanduan alkohol, antara lain:

  • Terapi perilaku kognitif, untuk mengidentifikasi pemicu kecanduan alkohol dan mengajarkan cara untuk mengatasinya
  • Terapi peningkatan motivasi, untuk membangun dan memperkuat motivasi sehingga dapat mengubah perilaku kecanduan alkohol
  • Konseling pernikahan dan keluarga, untuk memperbaiki kemungkinan adanya masalah dalam keluarga atau dengan pasangan yang menjadi penyebab kecanduan alkohol

Populer video

Berita lainnya