Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Mengatasinya secara Sehat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Badan Kurus
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki tubuh yang kurus memang menjadi impian banyak wanita. Namun terlalu kurus juga menjadi masalah, karena tidak sedap dipandang dan berisiko menimbulkan banyak masalah kesehatan. Beberapa gangguan yang mengintai,seperti malanutrisi, rentan sakit, osteoporosis, hingga sulit memiliki keturunan.

Secara umum, penyebab kurus pada seseorang adalah kurangnya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Namun, ada lagi pemicu lain yang berdampak pada bentuk badan terlalu kurus. Melansir laman halodoc, berikut cara menaikkan berat badan secara sehat.

Tambah asupan kalori

Jika biasanya Anda sarapan dengan oatmeal dan air, maka gantilah airnya dengan susu. Anda juga bisa menambahkan keju dan alpukat sebagai isi roti. Saat ngemil, jangan segan memilih makanan tinggi kalori, seperti aneka kacang, cracker, buah, roti gandum panggang, dan selai kacang.

Pilih makanan padat gizi

Daripada makan junk food, fokuslah pada makanan yang kaya nutrisi. Makanan yang direkomendasikan, seperti daging sapi rendah lemak, daging ayam tanpa kulit, dan keju. Sementara sumber karbohidrat rendah glikemik, seperti beras merah dan biji-bijian.

Ngemil sehat

Untuk menambah berat badan dalam jumlah yang sesuai, pilih camilan yang mengandung banyak protein dan karbohidrat sehat. Misalnya, protein bar, kacang rebus, atau minum milkshake buatan sendiri.

Rutin berolahraga

Jenis olahraga yang disarankan adalah latihan angkat beban dan yoga. Jika dilakukan secara rutin, keduanya dapat membantu menaikkan berat dengan cara membangun otot-ototmu. Alhasil, badan tampak lebih kencang dan berisi.

Minum susu weight gain

Anda bisa menambah upaya menaikkan berat badan dengan mengonsumsi susu weight gain. Susu ini memiliki kandungan L-Lysine yang berguna untuk meningkatkan protein didalam tubuh hingga berat badan pun bisa bertambah.

Populer video

Berita lainnya