Kenali Tanda Holiday Blues usai Libur Panjang Lebaran, dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Liburan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Liburan adalah salah satu cara yang baik untuk menjaga kesehatan mental. Kegiatan ini membantu menurunkan tingkat stres, gangguan cemas, hingga depresi. Namun, waspada terhadap holiday blues atau post holiday syndrome yang bisa dialami setelah liburan panjang.

Holiday blues adalah perasaan cemas, khawatir, dan tidak bersemangat untuk kembali melakukan rutinitas sehari-hari. Bahkan, seseorang yang mengalaminya bisa merasa sedih saat tiba di rumah, ketika akan memulai pekerjaan dan kegiatan sehari-hari setelah liburan.

Nah, apakah Anda termasuk yang mengalami holiday blues usai libur panjang Lebaran? Jika bingung, perhatikan beberapa tanda-tanda berikut ini seperti dilansir dari laman halodoc.

  • Mengalami rasa cemas berlebihan mengenai kegiatan yang perlu dijalankan.
  • Kehilangan motivasi untuk melakukan kegiatan sehari-hari.
  • Perubahan suasana hati yang menjadi lebih buruk.
  • Mengalami tanda-tanda stres yang lebih buruk.
  • Mengalami gangguan tidur, seperti insomnia.
  • Lebih mudah marah.
  • Timbul rasa sedih yang berlebihan.
  • Merasa kehilangan sesuatu.
  • Merasa kosong atau sendirian setelah berkumpul dengan keluarga selama beberapa hari.

Agar kondisi itu tidak semakin memburuk, lakukan beberapa tips sederhana di bawah ini, agar Anda kembali bersemangat usai liburan panjang.

Istirahat yang Cukup

Jika merasakan kelelahan akibat liburan yang panjang, tidak ada salahnya kembali beristirahat di rumah dengan kondisi yang normal. Ini membuat Anda terbiasa dengan suasana rumah dan lingkungan tempat tinggal sehari-hari.

Pastikan komunikasi berjalan lancar

Tidak ada salahnya untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga melalui sosial media atau gadget. Hal ini untuk mengurangi rasa kesepian yang Anda alami setelah berlibur bersama keluarga.

Lakukan olahraga dengan intensitas ringan

Olahraga ringan bisa membantu mengurangi rasa sedih atau kesepian karena dapat meningkatkan hormon endorfin. Lakukan olahraga dengan intensitas ringan, seperti berjalan santai atau bersepeda.

Konsumsi makanan sehat

Setelah libur Lebaran, kembali konsumsi berbagai makanan sehat. Selain membantu suasana hati menjadi lebih baik, mengonsumsi makanan sehat setelah hari Lebaran juga menurunkan risiko berbagai penyakit.

Buatlah jadwal kegiatan setelah libur Lebaran

Tidak ada salahnya membuat jadwal kegiatan atau pekerjaan setelah libur Lebaran. Hal ini membuat Anda lebih siap menghadapi pekerjaan dan rutinitas sehari-hari.

Populer video

Berita lainnya