Ini Manfaat Cabai yang Jarang Orang Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cabai
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Cbai merupakan salah satu buah yang lazim digunakan sebagai bumbu masak berkat rasanya yang pedas. Namun, tak hanya dapat meningkatkan cita rasa atau meningkatkan aroma makanan, ternyata cabai juga salah satu makanan sehat yang perlu dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Sebab, cabai memiliki berbagai kandungan nutrisi penting dan senyawa bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan.

Cabai kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Buah ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6, vitamin A, dan vitamin K1. Sementara untuk kandungan mineralnya, cabai memiliki kandungan potasium dan copper. Berdasarkan kandungannya, terdapat beberapa manfaat cabai bagi tubuh. Melansir laman halodoc, berikut penjelasannya.

Membantu Meredakan Sakit

Capsaicin merupakan senyawa tanaman bioaktif utama dalam cabai yang dapat membantu meredakan rasa sakit. Senyawa ini akan bekerja sama dengan reseptor rasa sakit yang membuat seseorang merasakan sensasi panas dari cabai. Kondisi ini kemudian membantu ujung saraf berhenti mengirim sinyal sensasi rasa sakit.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa bukti menunjukkan bahwa capsaicin dapat meningkatkan penurunan berat badan, dengan mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak. Menariknya, senyawa capsaicin juga dapat membantu pengurangan asupan kalori. Hal ini merujuk pada sebuah studi pada 2005 silam yang menemukan bahwa mengonsumsi capsaicin sebelum makan menyebabkan pengurangan asupan kalori.

Mencegah Penyakit Jantung

Cabai dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Sebuah studi menunjukkan kalau senyawa capsaicin dalam cabai dapat mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Meski begitu, pastikan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Sebab hal ini dapat memicu terjadinya sakit perut, diare sekaligus akumulasi sensasi pedas yang dapat menyebabkan pembengkakan pada bibir, peradangan, dan kemerahan.

Populer video

Berita lainnya