Tips Sajikan Makanan Sehat dan Lezat saat Lebaran Idul Fitri 2023

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tetap Sehat saat Lebaran
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Umat Islam tengah merasyakan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 2023. Momen ini biasanya tidak bisa lepas dari makanan-makanan lezat dan gurih seperti opor ayam, rendang, semur daging, ketupat, dan lain-lain.

Meskipun terbilang lezat, makanan-makanan tersebut mengandung tinggi kolesterol dan lemak yang kurang baik untuk kesehatan. Lantas, bagaimana sih tips menyajikan makanan sehat saat Idul Fitri? Melansir laman halodoc, berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan membuat makanan yang sehat dan bergizi di hari Lebaran.

Batasi penggunaan santan

Santan sendiri menjadi bahan utama pada paduan ketupat dan opor ayam. Namun, penggunaan santan yang berlebihan sesungguhnya tak baik untuk tubuh.

Nah, Anda bisa memanfaatkan bahan lainnya dan tidak perlu menggunakan santan berlebih. Misalnya, menggunakan santan encer, dan mencampurkannya dengan susu skim untuk menambah rasa gurih masakan, atau mengganti penggunaan santan dengan susu skim.

Pilih daging yang rendah lemak

Agar menu Idul Fitri tak terlalu banyak mengandung lemak, pilihlah bagian daging yang rendah lemak. Anda bisa bisa memilih bagian dada ayam dibandingkan bagian paha atau kulitnya. Tak cuma itu, Anda juga bisa memilih daging sapi rendah lemak, seperti bagian paha belakang atau has luar (sirloin).

Lebih sehat dengan beras merah

Mungin ketupat beras merah terdengar asing di telinga Anda. Nyatanya, beras merah lebih kaya kandungan serat daripada beras putih. Serat yang tinggi inilah yang membuat kamu merasa kenyang lebih cepat dan tidak mudah lapar.

Menariknya lagi, ketika nasi merah ini dikombinasikan dengan opor ayam atau sayur labu santan, serat dari ketupat ini bisa membantu mengikat kelebihan lemak dalam tubuh, dan membantu mengeluarkannya lewat pencernaan.

Gunakan pemanis yang lebih aman

Ada banyak makanan manis yang dihidangkan di momen lebaran. Misalnya kue kering seperti kastangel dan nastar. Semua makanan ini tentu mengandung gula. Jika mengonsumsinya sekaligus maka gula darah akan melonjak secara tiba-tiba.

Sebagai alternatif, gunakanlah pemanis yang rendah kalori dan aman untuk pengidap diabetes.

Manfaatkan rempah-rempah

Menambah rasa gurih pada makanan tidak harus dengan menambahkan banyak garam apalagi MSG. Sebab, mengonsumsi kedua bahan ini dalam jumlah yang berlebihan bisa memicu hipertensi.

Anda bisa coba bawang putih untuk menambah rasa pada sup, ketumbar untuk memberikan aroma dan rasa gurih pada opor ayam, atau perasan lemon untuk marinasi daging. Selain ini tentunya ada banyak lagi yang bisa kamu coba seperti jahe, kayu manis, kunyit, dan lain-lain.

Jangan lupakan buah dan sayuran

Buah dan sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk kesehatan. Beragam masakan yang bisa Anda buat dengan bahan dasar buah dan sayuran antara lain asinan, salad, sop buah, es krim buah, puding buah, atau jus.

Populer video

Berita lainnya