Ketahui Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi saat Mudik

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Mabuk Perjalanan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Idul fitri menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga, setelah satu bulan menjalani puasa. Karenanya, tidak sedikit yang rela bermacet-macetan untuk mudik ke kampung halaman masing-masing.

Meski begitu, terkadang kegiatan mudik yang melelahkan bisa menyebabkan masalah kesehatan dalam perjalanan. Untuk itu, Sebelum mudik, ada beberapa masalah kesehatan yang perlu diketahui, agar Anda bisa meminimalisir terjadinya kondisi-kondisi ini ketika di perjalanan.

Mabuk perjalanan dan kelelahan

Perjalanan mudik seringkali membuat energi dalam tubuh terkuras dengan cepat. Hal tersebut tentu dapat memicu kelelahan hingga pegal-pegal. Saat daya tahan tubuh menurun, kamu akan lebih mudah mengalami mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan memiliki gejala seperti pusing, mual, dan muntah selama perjalanan.

Diare

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan saat mudik yang kerap terjadi. Penyebabnya bisa karena asal membeli makanan saat di perjalanan.

Selain itu, diare bisa semakin parah jika Anda tidak mencuci tangan sebelum makan. Maka dari itu, sebaiknya berhati-hatilah saat membeli makanan atau minuman di tempat yang kurang terjaga kebersihannya.

Gangguan pencernaan

Orang yang sedang mudik seringkali mengalami diare atau sembelit. Kondisi ini bisa terjadi akibat terlalu lama duduk. Masalah kesehatan saat mudik yang satu ini bisa teratasi dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan tinggi serat.

Cara ini akan membantu melunakkan feses yang mengeras akibat sembelit, dengan begitu sistem pencernaan pun akan lancar. Hindari juga kebiasaan menahan buang air kecil dan buang air besar, agar sembelit tidak semakin parah

Flu

Flu termasuk masalah kesehatan saat mudik yang banyak terjadi. Penyakit terjadi karena daya tahan tubuh cenderung menurun selama perjalanan mudik, sehingga rentan terserang virus. Selain itu, Anda mungkin bisa saja bertemu dengan orang lain yang sedang flu selama perjalanan, sehingga bisa tertular.

Populer video

Berita lainnya