Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Berbuka Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Buka Puasa
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Waktu berbuka adalah waktu yang semua orang berpuasa tunggu-tunggu, setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Namun sayangnya, banyak orang yang melakukan kesalahan ketika berbuka puasa. Bahkan, kesalahan ini bisa berdampak negatif pada kesehatan kalau sering kamu lakukan.

Agar waktu buka puasa menjadi waktu yang bermanfaat bagi kesehatan, pastikan hindari hal-hal berikut ini, seperti dilansir dari laman halodoc.

Makan terlalu banyak

Banyak orang yang langsung makan dalam jumlah banyak ketika berbuka, setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Padahal, ini adalah kebiasaan yang salah. Sebaiknya makan lah dalam porsi seperti makan sehari-hari.

Makan terlalu banyak ketika berbuka tidak dokter anjurkan karena bisa memicu masalah pencernaan. Organ tubuh akan sulit melakukan metabolisme dan mencerna makanan jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah banyak sekaligus.

Langsung makan berat

Langsung makan beratsaat berbuka juga tidak baik untuk kesehatan. Ini karena perut telah berada dalam keadaan kosong selama lebih dari 12 jam. Jika Anda langsung memberikan makanan yang perlu usaha kerja untuk bisa tercerna, perutmu akan kaget dan mengalami kesulitan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu seperti kolak atau kurma sebagai pembuka. Setelah itu, Anda bisa melakukan ibadah sebelum kemudian makan makanan berat seperti nasi.

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat

Waktu berbuka bukanlah waktu untuk makan apa saja yang hati inginkan. Meskipun lapar, Anda tetap harus memerhatikan nutrisi dan manfaat makanan yang dimakan. Usahakan untuk hindari makanan yang berlemak dan berminyak, atau makanan yang terlalu asin, manis, dan pedas.

Mengonsumsi kafein

Minuman berkafein seperti kopi memiliki efek stimulan yang bisa membangunkan tubuh. Walaupun dalam waktu tertentu kafein bisa baik untuk kinerja tubuh dan bisa membantu lebih fokus, mengonsumsinya saat waktu buka puasa bisa merusak jam tidur sehingga Anda bisa terlewat sahur.

Populer video

Berita lainnya