Kunyah Cengkih dengan Air Hangat untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Cengkih adalah bumbu yang digunakan bukan hanya meningkatkan cita rasa suatu hidangan, tapi juga meningkatkan nilai gizinya. Dikenal secara ilmiah dengan sebutan syzygium aomaticum, sejak zaman dulu cengkeh digunakan untuk pengobatan. Jika digunakan secara teratur, cengkih membantu meredakan sakit perut serta sakit gigi dan tenggorokan.

Eugenol yang terkandung dalam cengkih membantu meredakan stres dan penyakit perut yang umum. Anda mungkin juga baru tahu jika cengkih membantu mencegah penyakit Parkinson. Ia memiliki elemen penting seperti Vitamin E, Vitamin C, Folat, Riboflavin, Vitamin A, Tiamin, Vitamin D, asam lemak Omega 3 bersama dengan sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri lainnya.

Cara terbaik mengkonsumsi cengkih

Dilansir dari laman Times of India, mengunyah dua siung cengkih dengan segelas air hangat sebelum tidur dapat membantu anda menyingkirkan masalah berikut.

  • Mengkonsumsi cengkih di malam hari dapat membantu meringankan masalah perut seperti sembelit, diare, asam lambung, juga meningkatkan pencernaan.
  • Mengkonsumsi cengkih dengan air hangat dapat membantu meredakan sakit gigi. Anda juga bisa meletakkan siung di gigi Anda, tepat di tempat yang terasa sakit untuk meredakan nyeri.
  • Cengkih dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan nyeri.
  • Orang yang mengalami masalah tangan dan kaki gemetar dapat mengonsumsi 1-2 siung cengkih sebelum tidur untuk meredakan masalah tersebut.
  • Mengonsumsi cengkih setiap hari meningkatkan kekebalan tubuh anda, yang merupakan kebutuhan di masa pandemi COVID-19 saat ini.
  • Cengkih dapat membantu menghilangkan batuk, pilek, infeksi virus, bronkitis, sinus dan asma.

Populer video

Berita lainnya