Bukan Hanya Panu, Ini Penyebab Bercak Putih pada Kulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Beberapa orang mungkin berpikir bercak putih pada kulit merupakan panu. Padahal belum tentu, karena ada banyak penyakit yang memiliki bercak putih pada kulit. Kondisi ini terjadi lantaran protein kulit atau sel-sel mati terperangkap di bawah permukaan kulit. Mereka dapat terjadi sebagai akibat dari depigmentasi, atau kehilangan warna.

Umumnya bercak putih pada kulit membuat pengidapnya menjadi tidak percaya diri. Sebab, warna kulit menjadi tidak merata, apalagi jika memiliki kulit yang gelap. Melansir laman halodoc, berikut ini penyakit yang menimbulkan gejala bercak putih pada kulit yang perlu diketahui.

Pityriasis Versicolor/ Tinea Versicolor (Panu)

Panu adalah penyakit pertama yang akan terlintas jika muncul bercak putih pada kulit. Penyakit ini adalah infeksi jamur dari genus Malassezia yang umum terjadi pada kulit. Panu bisa muncul pada kulit area dada dan punggung. Kondisi ini bisa membuat kulit mengalami bercak kecoklatan dan bersisik.

Panu lebih sering menyerang anak muda, kalangan pria, dan mereka yang cenderung berkeringat serta mereka yang tinggal di iklim panas dan lembap.

Vitiligo

Penyakit ini ditandai dengan munculnya bercak putih pada kulit yang disebabkan oleh kurangnya melanin (pigmen di kulit). Vitiligo bisa terjadi ketika sel penghasil pigmen (melanosit) mati atau berhenti memproduksi melanin.

Beberapa hal yang menyebabkan dan meningkatkan risiko terjadinya vitiligo, yaitu adanya gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyerang dan menghancurkan melanosit di kulit, adanya riwayat keluarga yang mengidap vitiligo, dan beberapa hal lain seperti terpapar sinar matahari, stres, serta paparan bahan kimia industri.

Pityriasis Alba

Ini merupakan kelainan kulit yang terjadi karena hipopigmentasi. Namun, bercak putih pada kulit yang disebabkan oleh pityriasis alba ini belum diketahui penyebab utamanya. Kondisi ini biasanya dikaitkan dengan eksim dan juga alergi.

Selain itu, bercak putih tersebut juga dikaitkan dengan paparan sinar matahari dan kulit kering. Oleh karena itu, pengidapnya disarankan untuk selalu menjaga kelembaban kulit dan menghindari paparan sinar matahari.

Morfea

Ini merupakan kondisi kulit yang tergolong langka. Kondisi ini umumnya menyebabkan bintik-bintik atau bercak putih pada kulit tanpa rasa sakit. Perubahan kulit biasanya muncul di area perut, dada, atau punggung.

Morfea hanya memengaruhi lapisan terluar kulit, tapi di beberapa kondisinya juga membatasi gerakan persendian. Hingga kini para ahli belum mengetahui penyebab pastinya. Namun, diduga morfea berkaitan dengan peningkatan kolagen dan matriks ekstraseluler (komponen di luar sel yang terdapat pada semua jaringan dan organ) pada lapisan dermis kulit.

Lepra

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Kusta dapat dialami oleh siapa pun, tapi 80 persen penyakit ini ditemukan di daerah tropis yang panas dan lembap. Penyakit ini perlu segera mendapat pengobatan karena ia menyebabkan kecacatan akibat komplikasi kerusakan saraf.

Populer video

Berita lainnya