Tak Hanya Kurang Istirahat, Ini Penyebab Tubuh Mudah Lelah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mata Lelah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Merasa mudah lelah bukan hanya disebabkan karena kurangnya istirahat. Sebab, ada banyak faktor termasuk masalah medis, yang bisa menyebabkan badan cepat lelah dan mudah mengantuk. Melansir laman sehatQ, simak beberapa kemungkinan penyebab badan mudah lelah yang perlu diwaspadai.

Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi dapat menjadi penyebab mudah lelah meski sudah tidur selama lebih dari 7 jam. Adapun jenis kekurangan nutrisi yang berpotensi menyebabkan Anda sering merasa lelah dan mengantuk adalah zat besi, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 atau folat, vitamin B12, vitamin D, vitamin C serta Magnesium.

Stres

Menurut sebuah studi, stres kronis dapat menyebabkan kelelahan terkait stres (exhaustion disorder), yakni kondisi yang ditandai dengan gejala kelelahan psikologis dan fisik. Lebih jauh lagi, stres kronis berpotensi menyebabkan perubahan struktural dan fungsional pada otak dan memicu peradangan kronis, yang kemudian dapat memicu rasa lelah.

Obesitas

Badan sering lemas dan mudah capek juga dapat diakibatkan obesitas. Selain dikaitkan dengan peningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan sejumlah kanker, obesitas juga bisa meningkatkan risiko kelelahan kronis.

Obesitas sangat berpengaruh terhadap peningkatan risiko obstructiive sleep apnea (gangguan tidur yang membuat henti napas sementara waktu), yang merupakan penyebab umum dari kelelahan di siang hari.

Ketergantungan obat dan alkohol

Ketergantungan obat dan alkohol diyakini memiliki peran dalam menyebabkan mudah lelah. Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi dalam jurnal Revue Medicale Suisse, yang menyebutkan bahwa orang-orang yang memiliki ketergantungan terhadap obat-obatan atau alkohol lebih berisiko mengalami kelelahan.

Sistem kerja shift

Berdasarkan sebuah studi, diperkirakan 2-5 persen karyawan yang menerapkan sistem kerja shift menderita gangguan tidur dengan karakteristik kantuk berlebihan dan tidur yang terganggu selama 1 bulan atau lebih.

Obat-obatan tertentu

Badan cepat lelah dan mudah mengantuk juga dikaitkan dengan konsumsi obat-obatan tertentu. Jenis obat-obatan yang dimaksud adalah obat steroid, obat tekanan darah tinggi (hipertensi), dan antidepresan.

Konsumsi kafein berlebihan

Kafein adalah stimulan yang dapat ditemukan dalam teh, kopi, hingga minuman berenergi.
Konsumsi kafein secara berlebihan dapat mengganggu tidur dan membuat Anda merasa mudah lelah serta pusing.

Anemia defisiensi besi

Apabila perasaan lelah yang Anda alami disertai sesak napas, bisa jadi penyebabnya adalah anemia defisiensi besi. Kondisi ini terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin dalam jumlah yang memadai sehingga oksigen jadi sulit diedarkan. Alhasil, Anda bisa merasa lelah dan sesak napas.

Populer video

Berita lainnya