Bebas Bau dan Makin Pede, Begini Cara Agar Badan Wangi Sepanjang Hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Atasi Bau Badan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain mengganggu aktivitas, bau badan tak sedap dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Kondisi ini biasanya dipicu akibat keringat berlebih yang bercampur dengan bakteri dan kotoran di tubuh.

Untuk mengatasinya, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar badan wangi sepanjang hari. Salah satunya dengan rutin menjaga kebersihan dan merawat tubuh. Melansir laman sehatQ, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar badan wangi sepanjang hari.

Mandi secara teratur

Kebersihan tubuh sangat berkontribusi terhadap aroma tubuh seseorang. Namun bukan hanya sekadar basah, Anda harus mandi dengan benar agar badan bisa wangi sepanjang hari. Pastikan untuk membersihkan area lipatan-lipatan tubuh, seperti ketiak, area kulit di bawah payudara, pangkal paha, dan bokong. Anda bisa menggunakan beragam produk sabun antibau badan di pasaran.

Memakai deodoran

Menggunakan deodoran atau antiperspirant juga bisa jadi cara mengharumkan badan yang wajib dilakukan setelah mandi. Penggunaan deodoran dapat membantu mengurangi dan menghilangkan bau di ketiak. Saat digunakan, kulit akan menjadi lebih asam sehingga mencegah datangnya bakteri yang menjadi penyebab bau badan.

Sementara antiperspirant mengandung senyawa aktif yang dapat mengurangi produksi keringat. Pilihlah antiperspirant yang mengandung aluminium klorida yaitu bahan kimia yang membantu menahan keringat dan gunakan dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

Oleskan parfum di titik nadi

Penggunaan parfum di titik nadi bisa jadi cara agar badan wangi sepanjang hari yang efektif. Menyemprotkan parfum pada titik nadi bisa membantu aroma parfum berbaur dengan aroma tubuh dan membuatnya lebih tahan lama. Begitu suhu tubuh meningkat, aroma parfum pun akan aktif dan dilepaskan ke udara.

Jaga kebersihan kulit kepala

Kulit kepala ternyata juga bisa menimbulkan bau tidak sedap jika tidak dirawat dengan baik. Untuk itu, dianjurkan keramas atau membersihkan rambut dan kulit kepala dengan benar. Tujuannya, untuk mengangkat kotoran dan minyak sehingga rambut pun akan lebih bersih dan memberikan aroma yang harum.

Pastikan pakaian harum dan bersih

Anda perlu memastikan kebersihan dan keharuman pakaian yang dikenakan. Ini bisa diwujudkan dengan rutin mencuci pakaian dan menambahkan pewangi saat dicuci maupun disetrika. Anda juga bisa menambahkan 10-20 tetes minyak atsiri ke rendaman pakaian, sesuai dengan aroma yang disukai.

Kurangi konsumsi makanan beraroma kuat

Anda bisa mengurangi konsumsi makanan beraroma kuat, seperti membatasi konsumsi cabai, bawang putih, bawang merah, brokoli, dan sebagainya. Menghindari jenis makanan dengan aroma kuat tak hanya bisa menghindari bau badan, tapi juga mencegah bau tidak sedap di organ intim dan mulut.

Populer video

Berita lainnya