Ini Waktu Terbaik untuk Melakukan Olahraga Jogging

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Jogging
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jogging merupakan salah satu olah raga ringan, yang dapat dilakukan dengan berjalan atau lari kecil. Meski dianggap ringan, olah raga ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menjadi pertanyaa, kapan waktu terbaik untuk melakukan jogging. Sebab, ada orang yang beranggapan jogging paling baik dilakukan di pagi hari. Sebagian lainnya berpikiran kalau aktivitas fisik ini sebaiknya di sore hari.

Pada dasarnya jogging bisa dilakukan pagi dan sore hari. Sebab, keduanya sama-sama memiliki manfaat bagi tubuh. Melansir laman halodoc, simak pejelasan berikut ini.

Jogging di Pagi Hari

Waktu jogging yang ideal di pagi hari adalah pukul 05.30 hingga 07.00 WIB. Namun, Anda masih dapat melakukannya pada pukul 08.00 hingga 09.00 WIB. Manfaat tambahan dari berolahraga di pagi hari adalah peningkatan metabolisme, yang berarti Anda akan terus membakar kalori sepanjang hari.

Jogging di Sore Hari

Berolahraga di sore hari juga tidak ada salahnya. Idealnya Anda melakukan olah raga sore hari yaitu pukul 16.30 hingga 18.00 WIB. Sebuah studi mengungkapkan bahwa kemampuan tubuh untuk bergerak secara dinamis akan lebih maksimal di sore hari.

Sebab, suhu tubuh akan meningkat sepanjang hari, hal ini membuat tubuh dapat mengoptimalkan fungsi dan kekuatan otot, aktivitas enzim, dan memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Selain itu, kinetik pengambilan oksigen lebih cepat di malam hari, yang berarti Anda bisa menggunakan energi secara lebih lambat dan efektif daripada di pagi hari.

Hal yang Perlu Diperhatikan:

Pastikan untuk menjalani olahraga ini secara tidak sembarangan guna terhindar dari cedera atau hal yang tidak diinginkan. Karena itu, perhatikan beberapa hal ini:

  • Gunakan perlengkapan yang tepat seperti menggunakan sepatu lari.
  • Jangan berlebihan dan hindari memaksakan tubuh.
  • Bicaralah dengan dokter terlebih dahulu, khususnya jika Anda obesitas atau sudah lama tidak berolahraga.

Populer video

Berita lainnya