Tips Diet Aman dan Efektif yang Dilakukan bagi Pemula

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Penyebab Program Diet Gagal
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain olahraga, diet juga menjadi hal penting untuk menurunkan berat badan. Namun caranya tak boleh dilakukan sembarangan. Apalagi jika Anda baru memulai diet. Meski sedang menjalanai diet, penting untuk tetap melengkapi segala nutrisi yang dibutuhkan. Melansir laman halodoc, berikut tips aman diet bagi Pemula.

Penuhi Asupan Serat dengan Baik

Serat banyak ditemukan dalam makanan nabati. Misalnya seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, hingga biji-bijian. Serat bermanfaat dalam diet karena dapat menyerap air dan bergerak melalui saluran pencernaan secara perlahan. Hal ini pada akhirnya dapat membantu perut terasa kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2019 silam juga menunjukkan hasil menarik. Penelitian yang dilakukan pada 345 orang ini menunjukkan korelasi bahwa makan lebih banyak serat dengan penurunan berat badan yang lebih optimal.

Tidur cukup

Ada beberapa penelitian yang mengaitkan tidur yang cukup dengan penurunan berat badan. Salah satunya studi yang ditemukan pada U.S National Library of Medicine.

Studi yang dilakukan selama 10 tahun ini mengaitkan tidur kurang dari 6 jam per malam dengan risiko obesitas yang lebih tinggi di kalangan wanita muda. Di sisi lain, para ahli menemukan kalau kurang tidur satu jam setiap malamnya menyebabkan lebih sedikit kehilangan lemak pada mereka yang mengikuti diet rendah kalori.

Meskipun setiap orang membutuhkan jumlah tidur yang berbeda, orang dewasa secara umum membutuhkan 7 hingga 8 jam tidur setiap malamnya.

Batasi Minuman Tertentu

Secara spesifik, minuman yang perlu dibatasi adalah minuman manis. Sebab, minuman yang dimaniskan dengan gula seperti soda, sering dikemas dengan kalori dan menawarkan sedikit nilai gizi.

Selain itu, minuman beralkohol seperti bir juga perlu dibatasi. Sebab, minuman tersebut tinggi akan kalori. Konsumsi minuman manis atau alkohol berlebihan dikaitkan dengan risiko kelebihan lemak perut yang lebih tinggi.

Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Banyak penelitian telah mengaitkan makan lebih banyak protein berkualitas tinggi dengan risiko kelebihan lemak tubuh dan obesitas yang lebih rendah. Selain itu, diet atau pola makan tinggi protein juga diketahui dapat membantu mempertahankan massa otot dan metabolisme selama penurunan berat badan.

Populer video

Berita lainnya