Bisa Jadi Ini yang Menyebabkan Anda Sering Lupa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Lupa
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Lupa merupakan hal yang lumrah dialami siapa saja. Biasanya kondisi ini terjadi ketika kelelahan, banyak pekerjaan, atau terlalu asyik melakukan hal lain.

Sering lupa tidak hanya dialami orang yang sudah berusia saja, anak muda dan orang sehat pun bisa mengalaminya. Terkadang, menjalani kehamilan juga bisa membuat perempuan jadi pelupa. Melansir laman alodokter, berikuti ini beberapa kondisi lain yang dapat membuat orang sering lupa.

Kurang tidur

Kondisi ini dapat memicu kecemasan dan menyebabkan perubahan mood sekaligus menurunkan kemampuan berkonsentrasi, sehingga menjadi salah satu penyebab utama sering lupa.

Konsumsi beberapa jenis obat

Obat-obatan antidepresan, seperti paroxetine dan amitryptiline, juga obat-obatan antihistamin, seperti cimetidine, brompheniramine, atau chlorpheniramine, dapat memengaruhi daya ingat.

Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obat tersebut dan sering lupa bertambah parah, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran lanjutan dan jika diperlukan obat lain yang bisa dijadikan alternatif.

Gangguan emosi

Kecemasan, depresi, atau stres dapat membuat sulit menerima informasi serta tidak mampu berkonsentrasi, sehingga menyebabkan sering lupa. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan gangguan tidur yang akan menyebabkan terjadinya gangguan emosi atau penurunan kemampuan mengingat.

Kondisi medis tertentu

Beberapa penyakit, seperti tumor dan infeksi otak, penyumbatan pembuluh darah, gangguan pada hati ataupun ginjal, penyakit tiroid, serta cedera kepala, dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan dalam menerima, menyimpan dan mengolah informasi.

Konsumsi minuman beralkohol terlalu banyak

Konsumsi alkohol dapat mempengaruhi ingatan jangka pendek. Efek ini dapat terus ada bahkan setelah efek alkoholnya hilang. Itulah mengapa, orang sering lupa apa yang dilakukannya ketika mabuk.

Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 juga bisa menjadi penyebab sering lupa. Hal ini karena vitamin ini berperan penting dalam menjaga kesehatan sel saraf, termasuk yang berada di otak.

Beberapa penelitian menunjukkan kekurangan vitamin B12 berhubungan dengan berkurangnya kemampuan mengingat seseorang. Bahkan, kekurangan vitamin B12 yang berat dikatakan dapat menyebabkan amnesia.

Populer video

Berita lainnya