Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Anda Mudik

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Travelling
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mudik sudah menjadi bagian dari tradisi lebaran di Indonesia. Apalagi, momen ini sudah lama ditunggu-tunggu sejak pandemi Covid-19 muncul di Indonesia. Bahkan, jumlah pemudik pada Lebaran 2022 ini diprediksi membludak hingga 79,4 juta orang, berdasarkan hasil survei Badan Litbang (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Agar mudik menjadi nyaman, persiapannya pun tak boleh sembarangan. Beerbagai aspek perlu diperhatikan, baik dari segi keamanan hingga keselamatan. Nah, bagi Anda yang akan mudik, ada baiknya lakukan persiapan dengan tepat. Apa saja persiapan mudik yang harus dilakukan?

Menjaga kesehatan

Tidak ada artinya Anda memutuskan mudik tanpa memperhatikan kesehatan tubuh. Apalagi di tengah kondisi pandemi ini sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Itulah mengapa Anda dan keluarga harus menjaga kesehatan. Baik dengan tidur cukup dan minum vitamin secara teratur agar perjalanan mudik dapat berjalan lancar.

Memeriksa dan memastikan keamanan rumah

Pergi ke kampung halaman dengan meninggalkan rumah untuk beberapa hari. Kondisi keamanan rumah tentunya harus diperhatikan. Pastikan semua pintu terkunci, tidak ada barang elektronik yang masih tercolok, serta lepas tabung gas dari kompor. Semua langkah ini patut dilakukan agar tidak timbul kejadian yang tidak diinginkan pada saat Anda sedang mudik.

Mempersiapkan biaya

Hal selanjutnya yang harus dilakukan dalam rangka persiapan mudik adalah mempersiapkan biaya. Biaya yang dimaksud di sini tidak hanya untuk tarif tol saja, tetap juga biaya bensin serta hal-hal lain yang sekiranya memang dibutuhkan oleh Anda beserta keluarga. Jangan lupa untuk mengisi kartu tol dengan nominal yang lebih besar dari total tarif sebagai langkah pencegahan ada kebutuhan lainnya.

Membawa bekal

Rasa lapar dan haus sudah pasti sering muncul saat melakukan perjalanan jauh. Tidak lengkap rasanya untuk menjalankan mudik ke kampung halaman tanpa membawa perbekalan. Anda perlu membeli air putih dan makanan yang cukup untuk menemani perjalanan. Membeli beberapa snack juga dapat dilakukan agar dapat mengisi waktu luang di jalan dengan menyantapnya.

Mengecek kondisi kendaraan

Bagi Anda yang berencana mudik menggunakan kendaraan pribadi, penting untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum menempuh perjalanan hingga ratusan kilometer. Anda harus membawa mobil ke bengkel untuk melakukan pengecekan seluruh komponen mobil. Baik dari komponen mesin, kaki-kaki, hingga kelistrikan.

Populer video

Berita lainnya